Sukses

Lifestyle

4 Syarat Tobat Kita Diterima Allah SWT

ringkasan

  • Berhenti dari kesalahan yang telah diperbuat
  • Berniat dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi kesalahan yang lalu
  • Menyelesaikan masalah dengan orang yang telah disakiti

Fimela.com, Jakarta Manusia memang tak pernah luput dari salah dan dosa. Jika dihitung rasanya tak sanggup diri ini menghitung banyaknya kesalahan dan dosa yang sudah kita lakukan di dunia ini. Meski begitu, selalu ada kesempatan untuk bertobat dan memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Tobat yang secara bahasa artinya ‘kembali’, ternyata bisa mengembalikan kita dari jalan yang salah menuju jalan yang benar. Dalam HR Imam Ahmad dan At-Tirmidzi disebutkan, “Setiap manusia pernah berbuat kesalahan. Dan sebaik-baik yang berbuat salah adalah yang segera bertobat.”

Tapi bagaimana agar tobat kita diterima Allah SWT? Muhammad Muslih Aziz dalam buku Mutiara Itu Bernama Salat Sunah menyebutkan bahwa beberapa ulama telah menuliskan tentang beberapa syarat agar tobat seseorang diterima Allah SWT. Ada empat syaratnya, berikut keterangannya.

1. Berhenti dari Kesalahan atau Dosa yang Telah Diperbuat

Kita harus tegas dalam usaha untuk tidak mengulangi kesalahan atau dosa yang telah kita perbuat. Masih memberikan toleransi atau berhubungan dengan kemaksiatan berarti sikap mendua yang pada akhirnya akan memberikan jalan bagi setan untuk kesekian kalinya kita terjerumus. Jadi, langkah pertama ini jelas membutuhkan komitmen yang kuat.

 

2. Menyesali Atas Perbuatan yang Telah Dilakukan Baik Lisan Maupun Hati

Dalam firman Allah di Surat Al A’raf ayat 23, “Keduanya berkata: Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami, dan jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” Baik secara lisan maupun hati, kita harus sungguh-sungguh menyesal atas perbuatan dosa atau kesalahan yang kita lakukan agar tobat kita diterima.

3. Niat Bersungguh-sungguh untuk Tidak Mengulangi Perbuatan Salah dan Dosa Lagi

Niat inilah di antara ciri-ciri yang terdapat pada seseorang yang serius untuk kembali ke jalan-Nya. Dengan begitu, kita akan terjaga dari kejatuhan kembali di tempat yang sama.

4. Menyelesaikan Urusan dengan Orang yang Pernah Dizalimi

Syarat ini apabila kesalahan dan dosa yang dilakukan menyangkut hak dan kehormatan orang lain. Jika kita telah mengambil barang orang, misalnya, ya harus segera mengembalikannya. Atau, bila kita telah merendahkan dan menghina kehormatan seseorang, tentunya harus segera meminta maaf.

Semoga dengan tobat yang kita lakukan atas perbuatan salah dan dosa yang pernah kita lakukan, kita bisa mendapatkan hidup yang lebih tenang, ya. Tidak ada kata terlambat untuk bertobat dan selalu ada langkah pertama yang bisa diambil untuk menebus kesalahan kita.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Enno Lerian Atasi Bad Mood
Artikel Selanjutnya
Saat Arus Balik, Ragam Kegiatan yang Bisa Dilakukan dengan THR Menipis