Sukses

Lifestyle

4 Tips Simpel agar Opor Ayam Tidak Cepat Basi dan Teknik Menghangatkannya

ringkasan

  • Gunakan Santan yang Diperasi dari Kelapa Tua
  • Hangatkan dengan Api Kecil tanpa Diaduk Berlebihan
  • Hindari Menutup Panci setelah Opor Dihangatkan

Fimela.com, Jakarta Opor ayam merupakan salah satu sajian yang paling banyak ditemukan saat lebaran. Untuk menjamu keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat, kadang kita membuat opor ayam dalam jumlah besar. Hanya saja kadang ada kekhawatiran opor ayam cepat basi sebelum sempat dihidangkan.

Agar opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain itu, teknik menghangatkannya juga perlu diperhatikan. Selengkapnya, langsung simak di sini ya.

1. Gunakan Santan yang Diperasi dari Kelapa Tua

Disarankan menggunakan kelapa tua segar untuk bahan santan opor ayam. Kelapa tua yang sudah diparut bisa diperas dengan menggunakan air hangat atau air panas. Santan dari kelapa tua yang diperas dengan air panas atau air hangat bisa mencegah perkembangan bakteri, sehingga ketika digunakan untuk opor ayam nantinya tidak akan cepat basi.

2. Bumbu Halus Ditumis Sampai Benar-Benar Matang

Dalam proses menumis bumbu halus, pastikan sampai aroma harumnya keluar dan bumbu benar-benar matang. Tingkat kematangan bumbu ini juga bisa memengaruhi kualitas opor ayam agar tidak cepat basi nantinya. Proses pematangan daging juga sampai airnya mendidih agar benar-benar empuk luar dalam.

 

3. Hangatkan dengan Api Kecil tanpa Diaduk Berlebihan

Opor ayam memang paling pas disantap saat masih hangat. Dalam proses menghangatkannya, cukup pakai api kecil saja agar kualitas santan dan daging terjaga. Selain itu jangan diaduk berlebihan atau kalau perlu tak usah diaduk. Sebab kontak opor ayam dengan benda asing dikhawatirkan akan membuatnya jadi cepat  basi.

4. Hindari Menutup Panci setelah Opor Dihangatkan

Setelah selesai dihangatkan, biarkan panci dalam keadaan terbuka. Biarkan uap panasnya keluar dan mendingin sendiri di suhu ruangan. Bila panci langsung ditutup setelah opor dipanaskan, nantinya suhu panas malah akan terjebak di dalamnya dan membuatnya rentan basi.

Kita juga bisa menyimpan opor ayam yang sudah dingin dalam kulkas untuk beberapa waktu. Sehingga nanti kita akan menyantapnya, kita hanya perlu menghangatkannya kembali. Semoga tips di atas bermanfaat, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Pasangan Zodiak yang Paling Membosankan dalam Menjalani Hubungan
Artikel Selanjutnya
Manfaat Lemongrass bagi Kesehatan Kulit yang Perlu Diketahui