Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Masakan Bersantan Agar Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tak terasa Ramadan tinggal sebentar lagi dan dalam hitungan beberapa hari ke depan umat muslim sampailah pada Hari Kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri. Bicara mengenai Hari Raya, salah satu hal yang paling identik dari kuliner Hari Raya adalah kuliner yang berat seperti halnya masakan bersantan.

Masakan bersantan seperti opor ayam, gulai kambing, rendang, lodeh dan sejenisnya menjadi masakan yang sangat disukai. Masakan ini umumnya dihidangkan bersama ketupat, lontong atau nasi putih. Untuk masakan bersantan, sering masakan ini akan tersisa banyak. Ketika tersisa, kita harus pandai-pandai dalam menyimpannya agar ini tidak cepat basi.

Berikut cara menyimpan masakan bersantan agar tidak mudah atau cepat basi.

Tips Masakan Bersantan Tak Mudah Basi

Masak Hingga Benar-benar Tanak atau Matang

Setiap masakan bersantan sebaiknya dimasak hingga benar-benar tanak dan matang. Masak masakan bersantan hingga benar-benar mendidih. Masakan bersantan yang dimasak hingga benar-benar matang selain lebih awet juga akan terasa lebih sedap.

Hangatkan Kembali

Masakan bersantan sebaiknya dihangatkan kembali setelah dimakan dan masih tersisa. Hangatkan hingga benar-benar mendidih kemudian diamkan beberapa saat lalu biarkan hingga esok hari.

Hindari Mengaduk Masakan Bersantan Setelah Dihangatkan

Setelah dihangatkan, pastikan untuk tidak mengaduk masakan tersebut. Diamkan saja masakan bersantan. Selain jangan mengaduk, pastikan untuk tidak menutup panci atau wadah masakan jika masakan masih panas.

Simpan di Lemari Es

Cara menyimpan masakan bersantan selanjutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Namun ingat, sebelum dimasak ke lemari es sebaiknya masakan dihangatkan dulu. Jika ingin menyantap masakan bersantan yang disimpan di lemari es, kita bisa mengambil secukupnya kemudian menghangatkannya kembali.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan masakan bersantan agar awet dan tahan lama serta tidak mudah basi. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba ya.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading