Sukses

Lifestyle

4 Tips Menyiapkan Bekal Makanan untuk Mudik Perjalanan Jauh

Fimela.com, Jakarta Para pemudik yang menempuh perjalan jauh bisa dianggap musafir dan memiliki kelonggaran untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain. Tapi bagi yang merasa perjalanannya tidak memberatkan, tetap berpuasa dalam perjalanan pun tetap diperbolehkan. Agar perjalanan mudik lancar, bekal makanan juga perlu dipersiapkan dengan baik. Apalagi jika membawa serta anak-anak, menyiapkan bekal sangatlah diperlukan.

Bekal makanan untuk mudik perjalanan jarak jauh penting disiapkan sebagai jaga-jaga untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka bagi yang berpuasa. Bekal pun bisa dimakan dalam perjalanan untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Berikut beberapa tips menyiapkan bekal untuk mudik perjalanan jauh yang perlu kita ketahui.

1. Bekal Nasi Harus Didinginkan Lebih Dahulu

Bila ingin membawa bekal nasi dari rumah, masaklah beberapa jam sebelum berangkat. Setelah nasi matang, dinginkan terlebih dahulu sampai uap panasnya hilang. Baru kemudian kita bisa mengemasnya dalam kotak bekal atau dilapisi dengan aluminium foil. Pentingnya nasi didinginkan terlebih dahulu adalah agar nasi tidak mudah basi saat dibungkus atau dijadikan bekal.

2. Siapkan Lauk yang Tidak Mudah Basi

Ada banyak pilihan lauk yang tidak mudah basi untuk dibawah sebagai bekal mudik. Beberapa di antaranya adalah ayam goreng, daging rendang, abon, empal, tahu tempe goreng, sambal kering, nugget, telur rebus, dan lain sebagainya. Bisa juga dilengkapi dengan kecap dan saus untuk menambah cita rasa. 

2 dari 3 halaman

3. Pisahkan Setiap Jenis Lauk di Kotak Bekal Terpisah

Satu jenis lauk dikemas dalam satu kotak bekal terpisah. Namun, bila ingin lebih simpel pilih kotak bekal yang punya banyak sekat. Karena bila semua jenis lauk tercampur jadi satu nantinya malah berisiko jadi cepat basi. Lebih baik dipisahkan satu sama lain biar lebih tahan lama.

4. Hindari Makanan yang Berpotensi Membuat Perut Kembung

Kubis, sawi putih, sayur kol, dan sayur nangka muda kurang direkomendasikan untuk dijadikan bekal mudik. Apalagi kalau selama perjalanan kita akan terpapar angin atau AC yang cukup lama, hindari makanan yang berpotensi membuat perut kembung. Minuman bersoda dan minuman berenergi juga sebaiknya tak perlu dibawa untuk bekal mudik. Minuman berkafein yang bersifat diuretik bisa saja dibawa tapi batasi konsumsinya sebab minuman tersebut bisa menyebabkan tubuh kita jadi lebih sering buang air kecil. Yang paling aman memang air putih untuk bekal selama perjalanan mudik.

Camilan sehat seperti buah apel juga bisa dibawa. Buah apel bisa jadi pilihan bekal yang cocok untuk perjalanan jarak jauh karena selain mengandung vitamin dan mineral, juga mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber tenaga kita. Itu tadi sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba dalam mempersiapkan bekal untuk mudik. Semoga infonya bermanfaat dan selamat mudik, ya.

 

3 dari 3 halaman

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menu Ramadan Hari Ini: Lodeh Nangka Muda, Tempe Mendoan & Semur Tahu Telur
Artikel Selanjutnya
Siapa Saja Sih yang Berhak Untuk Menerima Zakat?