Sukses

Lifestyle

Mengendalikan Diri Itu Ternyata Bisa Kalau Mau Mencoba

Fimela.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa sebulan penuh selama bulan Ramadan, ada banyak hal baru yang bisa kita pelajari. Bahkan mungkin ada hal-hal yang sebenarnya sudah kita tahu tapi baru benar-benar kita sadari di bulan suci ini. Salah satunya adalah soal mengendalikan diri.

Ternyata kita bis kok mengendalikan diri asal mau mencoba. Proses adaptasi dan penyesuaian diri memang butuh waktu. Kemampuan kita untuk mengendalikan diri bahkan bisa di luar sangkaan kita.

Ternyata Makan Nggak Harus Banyak-Banyak

Hayo, siapa nih yang kadang masih suka melampiaskan stres dan rasa kesal dengan banyak makan? Ada istilah yang disebut emotional eating. Istilah tersebut mengacu pada kebiasaan makan yang sangat dipengaruhi oleh emosi atau perasaan kita. Saat sedang stres atau banyak pikiran, kita menjadikan makanan sebagai pelarian. Akibatnya, kita jadi “buta” mana makanan yang sehat dan tidak sehat. Kita pun mengabaikan kesehatan kita sendiri.

Selama menjalankan ibadah puasa, kita kembali disadarkan bahwa makan cukup saja sudah membuat kita berenergi sepanjang hari. Makan cukup saat sahur dan berbuka nyatanya masih bisa membuat kita beraktivitas seperti biasa. Bahkan tubuh jadi teras lebih ringan karena terhindar dari kondisi kekenyangan. Ternyata kita bisa mengendalikan nafsu makan kita dengan baik bila kita mau mencoba.

 

Ternyata Kita Bisa kok Nggak Gampang Marah-Marah

Puasa melatih kita untuk bisa lebih memahami diri kita. Membantu kita lebih awas terhadap emosi dan perasaan yang kita miliki. Ternyata kita bisa kok lebih tenang dan nggak emosian bila ada sesuatu yang tidak sesuai harapan kita. Ternyata sesuatu bisa diselesaikan dengan cara yang jauh lebih baik tanpa harus marah-marah. Saat kita sudah mau berusaha mengendalikan diri untuk tidak gampang marah, maka kita pun bisa melakukannya.

Ternyata Kita Bisa Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Mengikuti jadwal sahur dan berbuka untuk makan. Bisa mendirikan salat fardu tepat waktu. Mampu mengamalkan berbagai amalan sunah. Bahkan bisa bekerja dengan lebih produktif. Melalui ibadah puasa, kita juga belajar untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Ternyata kita bisa menahan diri dari godaan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna.

Ternyata Kita Bisa Berproses untuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Ramadan menjadi momen untuk melakukan refleksi diri. Harapannya kita bisa jadi pribadi yang lebih baik ketika Ramadan usai. Berproses memperbaiki diri ternyata bisa kok kita lakukan bila kita mau mencobanya. Memperbaiki kesalahan di masa lalu bisa dimulai dari langkah kecil. Kita bisa belajar hal-hal yang lebih positif selama kita mau mencoba.

Semoga di bulan yang suci ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih positif dan bahagia, ya. Makin banyak berkah yang kita terima untuk bisa menebar lebih banyak manfaat kepada sesama.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading