Sukses

Lifestyle

Tips Tidur Lagi Setelah Sahur agar Asam Lambung Tak Naik

Fimela.com, Jakarta Saat puasa Ramadan disunnahkan untuk melakukan sahur. Jam tidur pun jelas akan berubah. Jika tadinya bangun paling pagi itu jam 5 untuk shalat Subuh, di bulan suci ini kita perlu bangun jam 3 dini hari. Kalau belum biasa, kita akan merasakan kantuk yang amat berat saat makan sahur. Karena itu banyak yang tidur lagi setelah makan sahur.

Memang ada sejumlah dampak negatif yang akan dirasakan kalau langsung tidur setelah makan sahur, salah satunya adalah asam lambung yang naik. Tapi tenang karena ada solusinya.

Nah, setelah sahur jangan langsung tidur begitu saja. Tubuh kita perlu waktu untuk mencerna semuanya. Langsung tidur hanya akan membuat lemak bertumpuk dan jadi makin buncit. Berat badan pun bakal naik.

2 dari 3 halaman

Tidur langsung setelah sahur menyebabkan asam lambung naik.

Tak cuma itu saja, makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, tadinya di lambung kemudian malah menuju kerongkongan. Ini namanya refluks. Kalau ini terjadi, kerongkonganmu akan terasa panas seperti terbakar. Tak hanya itu, mulut pun jadi terasa pahit. Ini bisa mengganggu puasamu. Karena itu sangat penting untuk memberikan jeda waktu setelah sahur sebelum kembali tidur.

Tips lain selain memberikan jeda waktu adalah mengakhirkan makan sahur. Malam sebelumnya tidur lebih awal, lalu saat bangun untuk sahur, tubuh sudah bugar. Sehingga saat selesai makan sahur, tak merasa mengantuk lagi karena kebutuhan tubuh untuk istirahat sudah terpenuhi sebelumnya.

Jika memang sangat mengantuk, saat tidur disarankan untuk menggunakan bantal yang lebih tinggi. Ini untuk mencegah gaya gravitasi agar tak membuat makanan dan asam lambung naik ke tenggorokan.

Semoga tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

3 dari 3 halaman

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Anniversary, Kimmy Jayanti Tolak Tawaran Hadiah Greg Nwokolo
Artikel Selanjutnya
Menyimpan Kebencian Terlalu Lama Hanya Akan Menyiksa Batin