Sukses

Lifestyle

Amalan Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Salat Idul Fitri

ringkasan

  • Penting bagi kita untuk mengajak semua anggota keluarga pergi mendirikan salat Idul Fitri.
  • Rasulullah SAW telah mengajarkan sejumlah amalan untuk sebelum Salat Id.

Fimela.com, Jakarta Tak terasa umat muslim sudah berada di penghujung bulan Ramadan. Esok, umat muslim akan sampai pada hari yang penuh bahagia yakni Hari Raya Idul Fitri. Idul Fitri juga merupakan hari kemenangan di mana umat muslim akan berbondong-bondong pergi ke masjid atau tanah lapangan untuk mendirikan Salat Id di 1 Syawal.

Mengenai Salat Id ini sendiri, Rasulullah SAW telah mengajarkan sejumlah amalan untuk sebelum, saat mendirikan dan setelah Salat Id. Amalan-amalan ini merupalkan sunah Rasul dan akan mendatangakan pahala jika kita senantiasa mengamalkannya. Adapun amalan sebelum Salad Id sesuai anjuran Rasulullah adalah sebagai berikut.

Mengumandangkan Takbir

Amalan pertama yang perlu diamalkan adalah mengumandangkan takbir. Mengumandangkan takbir ini bisa dimulai sejak terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadan hingga imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada Hari Raya Idul Fitri.

Mandi Sebelum Salat Id

Umat muslim disunahkan mandi seperti halnya mandi sebelum Salat Jumat. Mandi ini baik dilakukan sebelum pergi Salat Idul Fitri maupun Idul Adha. Dari Ibnu Majah diriwayatkan, "Dan dari Amdulillan bin Abbas r.a, ia berkata, "Bahwasannya Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."

Amalan Sunah Sebelum Salat Id

Memakai Pakaian Terbaik

Sebelum berangkat ke masjid atau tanah lapangan, dianjurkan buat umat muslim memakai pakaian terbaik. Pakain terbaik sendiri bukan berarti yang paling mewah dan paling baru ya. Pakaian terbaik adalah pakaian yang bersih, suci dan pastinya menutup aurat dengan baik. Pakaian ini juga membuatmu terlihat nyaman.

Memakai Wangi-wangian

Selain memakai pakaian terbaik, sebelum salat Id umat muslim juga disarankan memakai wangi-wangian terbaik.

Makan Sebelum Salat Id

Rasulullah SAW selalu makan sebelum melaksanakan Salat Id. Walau hanya makan satu buah kurma atau anggur, sebaiknya ini tetap dilakukan. Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu dan janganlah makan ketika Idul Adha sampai dia salat dulu. " HR. Tirmidzi, Ibu Majah, Ibnu Hibban dan Ahmad).

Mengajak Semua Keluarga ke Tempat Salat Id

Penting bagi kita untuk mengajak semua anggota keluarga pergi mendirikan salat Idul Fitri. Kalau pun ada anggota keluarga yang sedang haid, ia tetap boleh datang ke tempat salat Idul Fitri dan sekedar mendengarkan khutbah imam.

Jalan Kaki Menuju Tempat Salat Id

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi disebutkan, "Dan dari Ali bin Abi Thalib r.a, ia berkata, "Termasuk dari sunah adalah ke luar pada hari raya dengan berjalan kaki."

Itulah beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan sebelum mendirikan Salat Idul Fitri. Mendirikan Salat Idul Fitri di masjid maupun tanah lapangan sama baik dan sahnya. Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakannya.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading