Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjaga Kolesterol Stabil selama Libur Lebaran

ringkasan

  • 1. Konsumsi Buah-buahan yang Mengandung Pektin
  • 2. Batasi Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh
  • 3. Tingkatkan Konsumsi Makanan yang Mengandung Soluble Fiber

Fimela.com, Jakarta Saat libur lebaran tiba, berbagai macam makanan dan kudapan biasanya melimpah ruah. Setiap kali berkunjung ke rumah kerabat, kita akan disuguhi makanan enak. Begitu pula ketika makan di restoran saat liburan bersama keluarga ke suatu tempat, rasanya jadi makin susah untuk mengendalikan nafsu makan, ya.

Untuk mencegah kolesterol melonjak saat libur lebaran, ada beberap tips yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak keterangannya di sini, ya/

1. Konsumsi Buah-buahan yang Mengandung Pektin

Dilansir dari health.harvard.edu, buah-buahan seperti apel, anggur, stroberi, dan jeruk baik dikonsumsi untuk menurunkan koleterol. Sebab buah-buahan tersebut kaya akan pektin. Apa fungsi pektin? Pektin dapat mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh kita bisa menurun. Jadi, selama libur lebaran tetap rutin konsumsi buah-buahan, ya.

 

2. Batasi Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh umumnya ditemui pada daging merah dan produk olahan susu yang kaya lemak. Memang godaan untuk menahan aneka hidangan lezat selama liburan agak susah. Tapi sebisa mungkin batasi konsumsinya. Dikutip dari mayoclinic.org, mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang merupakan jenis kolesterol jahat.

3. Tingkatkan Konsumsi Makanan yang Mengandung Soluble Fiber

Soluble fiber merupakan serat yang larut dalam air. Serat jenis ini merupakan pectin, beta glucan dan oligosakarida. Beberapa jenis makanan yang mengandung soluble fiber beberapa di antaranya adalah kacang-kacangan, apel, buah pir, oatmeal, dan blueberry.

4. Luangkan Waktu untuk Jogging

Salah satu jenis olahraga yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol adalah jogging. Jogging ringan sejauh bebearapa kilometer bisa jadi cara yang lebih ampuh menurunkan kolesterol dibandingkan lari cepat, begitu info yang dikutip dari healthline.com. Selama libur lebaran, coba deh luangkan waktu dan jadwalkan untuk jogging atau sekadar jalan kaki santai setiap harinya. Tubuh akan lebih bugar dan kadar kolesterol tubuh bisa lebih stabil.

5. Konsumsi Makanan Rendah Karbo

Dikutip dari health.clevelandclinic.org, ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan rendah karbo bisa bantu menurunkan berat badan mencegah risiko mengalami masalah kardiovaskuler. Coba pilih jenis karbohidrat yang tinggi kandungan seratnya, seperti gandum utuh, lentil, bahkan buah-buahan yang bisa memberi kita energi sekaligus membuat kita kenyang. Pokoknya, konsumsi karbo jangan sampai terlalu berlebihan ya.

Selama libur lebaran, tetap semangat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jaga pola makan sehat supaya nanti ketika kembali beraktivitas usai liburan bisa tetap semangat.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Desain Nail Art Paling Trendy di New York Fashion Week
Artikel Selanjutnya
Pemberi Harapan Palsu, 4 Zodiak Ini Suka Menghilang Saat Sedang Sayang-Sayangnya