Sukses

Lifestyle

Menyoal Puasa Sunah di Bulan Syawal, Niat dan Keutamaannya

Fimela.com, Jakarta Dari Abu Ayyub al-Anshari r.a, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan, kemudian dia mengikutinya dengan (puasa sunah) enam hari di bulan Syawal, maka (dia akan mendapatkan pahala) seperti puasa setahun penuh." (HR. Muslim)

Dari hadis ini kita bisa mengetahui bahwa puasa sunah di bulan Syawal setelah Ramadan memiliki keutamaan yang mulia. Puasa sunah Syawal juga termasuk sebagai karunia agung dari Allah SWT untuk hamba-hamba-Nya. Barang siapa yang melaksanakan puasa syawal khususnya di hari ke dua hingga ke enam Syawal, ini akan membuatnya mendapat pahala besar dari Allah SWT.

Niat Puasa Syawal

"Nawaitu shouma ghodin 'ansittatin syawaali sunnatan lillahi ta'alaa."

Artinya: Aku berniat puasa sunah enam hari bulan Syawal karena Allah Ta'ala.

Untuk niat puasa syawal, ini bisa dilantunkan saat malam hari setelah magrib, saat sahur atau di pagi hari saat puasa. Jika puasa Ramadan niat wajib dibaca malam hari, puasa sunah niat boleh dilakukan pada pagi hingga menjelang siang hari selama seseorang belum minum atau makan apapun.

Tata Cara Puasa Syawal

Puasa syawal bisa dilakukan selama 6 hari. Lebih utama jika dilakukan sehari setelah Hari Raya. Tapi tidak apa jika dilakukan di hari lain selama masih di bulan syawal. Puasa Syawal sebaiknya dilakukan secara berurutan selama enam hari namun juga tidak apa-apa jika dilakukan tidak berurutan.

Keutamaan Puasa Syawal

Dari Tsauban, bekas budak Rasulullah SAW, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal." (HR. Ibnu Majah Al Hafizh Abu Thohir).

Disebutkan bahwa puasa syawal bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Puasa syawal juga akan dibalas dengan berlipat-lipat kebaikan. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankan dan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading