Sukses

Lifestyle

Ada Aksi 22 Mei, Rute Transjakarta Dialihkan

Fimela.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengumumkan hasil Pilpres 2019 pada 21 Mei tengah malam. Akibat pengumuman keputusan tersebut, massa berencana akan melakukan aksi 22 Mei. 

Sayangnya, aksi tersebut pun maju. Sejak Selasa (21/5/2019) siang kemarin, massa sudah mulai berkumpul di sekitar Kantor Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu. Dilansir dari Liputan6.com, mereka bahkan sempat berbuka puasa kemudian lanjut dengan salat tarawih berjamaah. 

Dengan kondisi tersebut, aparat kepolisian pun berjaga di depan kantor Bawaslu. Akibatnya, pengalihan arus lalu lintas dialihkan sejak kemarin sore. 

Para karyawan kantoran yang berkantor di Jakarta Pusat sebagian besar libur atau bekerja secara remote di rumah masing-masing. Namun, ada juga yang tetap pergi ke kantor karena tugas yang tidak bisa ditinggal. Kalau Sahabat Fimela tetap harus ngantor hari ini, pastikan kamu tahu adanya perubahan dan pemangkasan rute Transjakarta. 

Dalam rangka mengantisipasi adanya aksi di kantor Bawaslu, PT Transjakarta melakukan pengalihan rute bus Transjakarta di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang dimulai sejak 12.00 WIB kemarin. 

 "Pengalihan mulai pukul 12.00 WIB," kata Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph kemarin, dikutip dari Liputan6.com (22/5/2019). 

Rute Pengalihan Jalur Transjakarta

Daud mengatakan, untuk koridor 1 Transjakarta arah Kota dari Blok M - lepas GBK keluar jalur, tekuk kiri via koridor 9 lalu akan masuk jalur lambat - halte JCC dan halte Slipi Petamburan. 

Kemudian, akan melewati halte Slipi Kemanggisan - lepas halte Harapam Kita ambil jalur kiri - traffic light (TL) Tomang belok kanan halte Tomang Mandala - halte Tarakan - halte Petojo - TL Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota. Sementara itu, Transjakarta yang beroperasi dari Kota arah Blok M tidak mengalami perubahan rute. 

Untuk bus gratis Transjakarta, akan terjadi perpendekan rute. Jika semua rutenya Bundaran Senayan - Harmoni, kini menjadi Bundaran Senayan - Tosari-Bundaran Senayan. 

Sementara, bagi rute Dukuh Atas - Tanah Abang dan Dukuh Atas - Kota tidak akan beroperasi. Transjakarta akan dialihkan ke Dukuh Atas - Sam Ratulangi dan Dukuh Atas - Kuningan. 

Ada pun bus Transjakarta rte 13 C Ciledug - Tosari, 6A Ragunan - Monas via Kuningan, 6B Ragunan - Monas via Semanggi tidak beroperasi. 

Rute akan Kembali Normal Jika Situasi Kembali Kondusif

Lantas, sampai kapan pengalihan dan pemangkasan rute berlangsung? Direktur Umum PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan kepada Liputan6.com, penyesuaian layanan Transjakarta akan bersifat situasional dan akan kembali normal ketika kondisi sudah dinyatakan kembali kondusif. 

 

"Bila pihak berwenang menyatakan situasi kondusif maka rute akan kembali sesuai jadwal," kata Agung dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Rekayasa Lalu Lintas

Sementara itu, bagi Sahabat Fimela yang menggunakan kendaraan pribadi, harus mencari jalur lain menuju kantor di pusat kota. Karena, jalan sekitar KPU dan Bawaslu ditutup. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan pengalihan dan rekayasa lalu lintas ini di sekitar Gedung Kantor Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat. 

Pengalihan ini akan berlaku selama 2 hari; 21-22 Mei 2019. Namun, bisa juga diperpanjang kalau aksi unjuk rasa berlangsung lama. Di sekitar gedung KPU, arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan Pameksan atau Jalan Agus Salim. Sementara jalaur dari arah Jalan Rasuna Said menuju Imam Bonjol lewat Jalan HOS Cokroaminoto ditutup, dialihkan ke Jalan Sumenep ke Latuharhary menuju Manggarai. 

Untuk memeriksa jalur mana saja yang dututup dan dialihkan selengkapnya, kamu bisa lihat di sini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading