Sukses

Lifestyle

Selain Lewat Media Sosial, Pantau Situasi Jakarta Lewat 6.000 CCTV

ringkasan

  • Aksi 22 Mei yang sudah dimulai sejak kemarin (21/5/2019) siang, memang memberikan sejumlah dampak. Seperti, pengalihan arus lalu lintas, penutupan jalan, hingga perubahan rute angkutan umum untuk sementara waktu.
  • Untuk memantau arus lalu lintas dan keadaan sekitar titik sasaran para demonstran, kamu bisa mengakses CCTV Online.
  • Ada 6.000 lebih CCTV tersebar di Jakarta yang bisa diakses di situs Jakarta Smart City.

Fimela.com, Jakarta Aksi 22 Mei yang sudah dimulai sejak kemarin (21/5/2019) siang, memang memberikan sejumlah dampak. Seperti, pengalihan arus lalu lintas, penutupan jalan, hingga perubahan rute angkutan umum untuk sementara waktu. 

Masyarakat baik yang tinggal dan bekerja di Ibu Kota kini masih terus memantau kondisi dan situasi di titik-titik tertentu kawasan Jakarta Pusat. Pasalnya, sempat terjadi aksi kaos pada Selasa dini hari sebelum akhirnya berhasil dibubarkan aparat keamanan. 

Ada 2 titik yang menjadi sasaran demonstran; Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, dan Gedung Bawaslu di Jalan MH Thamrin, Jakarta. Untuk mengamankan jalannya aksi, tulis Liputan6.com, polisi mengerahkan sekitar 50 ribu personel gabungan TNI-Polri. 

Meskipun rekayasa lalu lintas ini berlaku hingga hari ini, namun tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang jika aksi unjuk rasa berlangsung lebih lama. Karena itu, masyarakat memang sebaiknya terus memantau keadaan dan perkembangan berita situasi Jakarta selama aksi 22 Mei berlangsung. Selain lewat pemberitaan media massa dan media sosial, Sahabat Fimela ternyata juga bisa memantau langsung melalui ribuan CCTV online yang tersebar di Jakarta. 

6.000 CCTV Tersebar di Ibu Kota

Ternyata, DKI Jakarta memiliki 6.000 CCTV yang tersebar di seluruh penjuru kota. Informasi ini menjadi viral ketika cuitan Ismail Al Anshori, pemilik akun Twitter @thedufresne, menyatakan Jakarta memiliki 5.000 CCTV yang dipasang di hampir semua titik jalan, pada 7 April 2019 lalu. 

Islamil menyebutkan, warga Jakarta sebenarnya bisa memantau jalanan dengan mengakses situs Jakarta Smart City (klik untuk mengakses CCTV). Dalam situs tersebut, akan tersedia berbagai pilihan, salah satunya, CCTV Online yang terletak di sebelah kanan. 

 

Meski Ismail mengatakan ada 5.000 CCTV di Jakarta, ternyata jumlah tersebut dikoreksi oleh Aang, salah satu anggota Jakarta Smart City. Menurut Aang, ada 6.000 lebih CCTV yang terpasang dan tersebar di setiap sudut Jakarta. 

Jakarta Smat City ini merupakan sebuah situs program pemerintah yang bertujuan mempermudah kinerja aparat Pemprov DKI agar cepat merespon keluhan warga. 

CCTV Display Tidak Tertampilkan

Meski ini sangat berguna bagi Sahabat Fimela yang ingin terus memantau keadaan dan arus lalu lintas di Jakarta selama aksi 22 Mei berlangsung, namun tampaknya situs ini banyak yang mengakses sehingga keadaan yang ditangkap CCTV tidak tampil pada situs tersebut. 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading