Sukses

Lifestyle

Haid Lima Menit Sebelum Magrib, Apakah Puasa Bisa Diteruskan?

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang membatalkan puasa adalah haid. Perempuan yang haid diharamkan melakukan ibadah puasa Ramadan. Lalu, bagaimana jika haid datang lima menit sebelum adzan magrib? Puasa bisa diteruskan atau batal sih?

Jika perempuan mengalami haid sebelum terbenamnya matahari, puasanya batal meski itu beberapa menit sebelum adzan magrib. Ia memiliki kewajiban untuk mengqadha puasanya di hari tersebut.

Perempuan ini tak diperbolehkan berpuasa dalam kondisi haid. Jika tetap dilakukan, maka puasanya tidak sah dan wajib diganti saat sudah suci di hari lain setelah Ramadan.

Puasa tetap batal meski haid datang beberapa menit sebelum waktu berbuka.

Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan dalam Al-Mughni, 4/397: “Jika wanita haid berniat puasa dan menahan (dari makan) padahal dia telah mengetahui keharaman akan hal itu, maka dia berdosa dan tidak diterima puasanya."

Sahabat Fimela, memang menjengkelkan jika kita mengalami haid beberapa menit sebelum saatnya berbuka. Tapi bagaimanapun juga ini adalah ketetapan dari Allah dan kita wajib menerimanya dan menggantinya di lain hari.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading