Sukses

Lifestyle

Puasa Tetap Lancar Saat Mudik? Ini Tipsnya

ringkasan

  • Menempuh perjalanan mudik sambil puasa akan sangat menguras energi, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan
  • Kuncinya adalah persiapan dan tidak memaksakan diri agar puasa dan mudi sama-sama berjalan lancar
  • Jaga stamina menjelang keberangkatan, makan teratur, pilih rute yang nyaman, juga beristirahat kala lelah bisa cukup membantu

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela dan keluarga yang akan segera melakukan perjalanan mudik, baiknya jangan lupakan persiapan fisik sedari sekarang. Terutama bila perjalanannya panjang dan dilakukan di siang hari alias sambil puasa.

Meski akan terasa lebih berat, namun tetap berpuasa selama perjalanan mudik itu bukan tidak mungkin dilakukan, kok. Kuncinya adalah persiapan dan tahu diri. Lebih lengkapnya, simak tips agar puasa lancar saat perjalanan mudik berikut:

1. Jaga stamina

Ketika mudik sudah terjadwal, persiapkan stamina setidaknya seminggu sebelum keberangkatan. Hindari makanan, minuman, atau kebiasaan yang memicu penyakit agar perjalanan tetap nyaman dan puasa lancar. Minum suplemen jika dibutuhkan.

2. Jangan lewatkan sahur dan buka puasa

Karena ini adalah kesempatan untuk mengisi stamina, pastikan kamu memberikan asupan terbaik untuk tubuhmu. Minum cukup air putih dan makan makanan bergizi seimbang agar tenagamu cukup untuk menempuh perjalanan panjang.

3. Pilih durasi perjalanan yang singkat

Jika kampung halamanmu cukup jauh, transportasi udara adalah opsi terbaik. Kamu bisa menghemat waktu serta energi. Memang harga tiketnya lebih mahal, tapi untuk kenyamanan perjalanan dan kelancaran berpuasa.

4. Perjalanan malam

Untuk yang kampung halamannya cukup jauh dan tetap memilih perjalanan darat baik dengan kereta atau mobil pribadi, perjalanan malam bisa jadi opsi yang baik. Kamu bisa makan kapanpun kamu lapar dan minum kapanpun haus. Plus, terhindar dari terik siang yang bisa membuat dehidrasi.

5. Rehat dan manfaatkan posko

Sepanjang jalur mudik biasanya ada posko-posko yang menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari makanan, hiburan, sampai kesehatan. Nah, ini bisa dimanfaatkan untuk rehat sejenak di perjalanan mudik agar tidak terlalu stres. Walau lelah, mudik tetap terasa menyenangkan!

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading