Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan dan Menghangatkan Rendang agar Tahan Lama

ringkasan

  • Pisahkan rendang yang akan dimakan dalam beberapa waktu ke depan
  • Tempatkan rendang di wadah kedap udara
  • Saat menyimpan rendang, simpan di tempat yang jauh dari makanan lain

Fimela.com, Jakarta Seusai Lebaran, tidak sedikit dari kita yang masih memiliki stok masakan seperti halnya rendang, opor ayam atau sejenisnya. Sebagai masakan yang umumnya wajib ada saat lebaran, biasanya rendang dibuat dalam jumlah banyak dan akhirnya sisa. Mengenai rendang yang masih sisa, bagaimana cara menyimpan dan menghangatkannya agar lebih tahan lama?

Pada dasarnya, rendang menjadi salah satu masakan yang dimasak dengan proses yang cukup lama dan dengan waktu yang lama pula. Rendang termasuk ke dalam masakan yang tak mudah basi meski telah disimpan dalam waktu lama. Dengan catatan, rendang ini disimpan dengan cara yang tepat.

Tips Menyimpan Rendang

Tips Menyimpan Rendang:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menyimpan rendang adalah pisahkan rendang yang akan dimakan dalam beberapa waktu ke depan dan mana yang akan disimpan di waktu lama.
  2. Tempatkan rendang di wadah kedap udara dan kering seperti toples atau kotak makanan.
  3. Letakkan dan simpan rendang di dalam lemari es. Untuk rendang yang akan disantap, dirimu cukup menyimpan di lemari es di bagian luar. Tapi jika ingin menyimpan rendang dalam waktu lama, simpan di bagian freezer.
  4. Saat menyimpan rendang, simpan di tempat yang jauh dari makanan lain dengan bau menyengat. Bau menyengat dari makanan lain bisa memengaruhi kualitas rendang.
  5. Alangkah baiknya rendang dipanaskan hingga mendidih lalu didiamkan hingga dingin kemudian disimpan di dalam lemari es.
  6. Rendang akan bertambah awet jika ia disimpan dalam kondisi kering. Dibandingkan rendang basah, rendang kering akan lebih awet saat disimpan bahkan ketika tanpa dimasukkan di lemari es.

Itulah cara menyimpan rendang agar tahan lama. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading