Sukses

Lifestyle

Agar Ikan Tak Lengket dan Hancur, Begini Cara Menggorengnya

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Ikan juga menjadi salah satu bahan masakan yang bisa dibuat lauk super lezat. Apalagi jika ikan dimasak dengan cara digoreng dengan bumbu bawang ketumbar yang gurih.

Ngomongin soal memasak ikan, saat memasak ikan terlebih saat menggorengnya tidak jarang kita akan mendapatkan ikan goreng yang lengket dan hancur. Ikan goreng juga membuat minyak mudah meletup-letup hingga kemudian mengenai kulit kita. Pernah mengalami hal seperti ini juga Sahabat Fimela?

Untuk mengatasi ikan lengket, hancur dan meletup-letup sebenarnya cukup mudah. Begini caranya.

2 dari 3 halaman

Cara Menggoreng Ikan

  1. Sebelum menggoreng ikan, cuci bersih ikan dan buang isi perutnya. Setelah dicuci, lumuri ikan dengan air jeruk nipis kemudian rendam dengan bumbu ikan kira-kira selama 10 - 15 menit.
  2. Gunakan wajan dan minyak yang baru. Pastikan jika wajan yang dipakai untuk menggoreng benar-benar bersih. Pastikan juga jika wajan yang digunakan adalah wajan khusus untuk menggoreng makanan.
  3. Minyak untuk menggoreng ikan harus baru dan panas. Hindari memasukkan ikan ke dalam minyak ketika minyak masih dingin. Ini akan membuat ikan mudah lengket dan hancur saat dibalik.
  4. Balik ikan saat bagian bawah ikan sudah kering. Membalik ikan yang masih basah justru akan membuat ikan mudah lengket serta hancur. Sebaiknya, balik ikan saat bagian yang terendam minyak sudah kering tanpa gosong.
  5. Agar ikan goreng tidak lengket dan meletup-letup, taburi atau balut tubuh ikan dengan tepung kering. Tepung bisa meminimalisir risiko ikan lengket dan hancur juga meletup-letup minyaknya.
  6. Saat menggoreng ikan sebaiknya gunakan api sedang. Api yang terlalu kecil bisa membuat ikan tak cepat matang dan kering. Sedangkan api yang terlalu besar bisa membuat ikan bagian luar cepat kering namun bagian dalamnya masih terlalu basah bahkan tidak matang sempurna.

Itulah cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Tips dapur yang sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan pernah takut untuk menggoreng ikan di rumah.

 

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Awas! Salah Memanaskan Bisa Bikin Nasi Beracun
Artikel Selanjutnya
Benarkah Perlu Telur Suhu Ruangan untuk Membuat Kue?