Sukses

Lifestyle

Tips Mudik yang Aman Bagi Ibu Hamil

ringkasan

  • Usia kehamilan yang aman untuk mudik adalah di trimester kedua, yakni 4-6 bulan
  • Jika ingin mudik, pastikan sudah mengantongi izin dokter
  • Pastikan pakai baju yang nyaman, sediakan makanan serta obat dan perlengkapan lain, juga jadwalkan istirahat setiap beberapa jam

Fimela.com, Jakarta Mudik Lebaran dalam keadaan hamil adalah tantangan tersendiri. Di satu sisi mungkin kamu tak sabar ingin segera menemui sanak saudara di kampung halaman, tapi di sisi lain membayangkan perjalanan panjangnya saja sudah cukup melelahkan.

Jika kamu memutuskan untuk mudik dalam kondisi hamil, cari tahu lebih banyak mengenai kondisimu dulu. Biasanya ibu hamil yang masih di trimester pertama tidak disarankan bepergian jauh karena risiko keguguran cenderung lebih tinggi.

Namun berapapun usia kandunganmu, sebelum menempuh perjalanan jauh pastikan kamu mengantongi izin dokter dulu, ya! Simak juga tips mudik bagi ibu hamil yang Fimela lansir dari berbagai sumber berikut ini:

1. Baju yang nyaman

Meski sederhana, namun tips yang satu ini memberi pengaruh signifikan lho. Ibu hamil biasanya gampang gerah dan cederung mudah lelah. Penting untuk memastikan baju yang dipakai berbahan nyaman serta memungkinkan untuk bergerak dengan mudah.

2. Makanan dan perlengkapan lainnya

Jangan lupa siapkan tas berisi camilan di dekatmu. Selain untuk mengisi perut, camilan tertentu juga bisa mengurangi rasa mual karena hamil atau mabuk perjalanan. Jangan lupa juga untuk minum setiap 30 menit sekali agar tubuh tidak dehidrasi.

3. Jadwalkan istirahat

Jangan ngotot untuk meneruskan perjalanan kalau tubuh sudah tidak bisa menolerirnya. Baiknya juga memang menjadwalkan untuk istirahat setiap beberapa jam sekali, sekadar parkir di rest area, pom bensin atau minimart untuk meluruskan pinggang. Jika naik kereta atau pesawat, berjalanan di lorong saat kondisi memungkinkan juga bisa dicoba.

Simak juga video berikut:

;
Loading