Sukses

Lifestyle

Penyebab Inflamasi, Jangan Banyak Makan 5 Makanan Ini saat Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Saat buka puasa, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena menyebabkan inflamasi. Inflamasi di dalam tubuh dikenal dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh dan membuat tubuh rentah terhadap berbagai penyakit mudai dari penuaan, obesitas hingga kanker. Nah, untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat selama Ramadan, ada baiknya jika mengurangi konsumsi sekian makanan ini.

1. Gula

Gula adalah bahan makanan utama yang mampu menyebabkan inflamasi pada tubuh. Meski dibutuhkan karena mudah diubah menjadi energi, namun konsumsinya harus dibatasi karena memicu sitokin, yaitu jenis protein yang memicu peradangan.

2. Pemanis buatan

Sama halnya dengan gula, makanan yang mengandung pemanis buatan bisa memicu inflamasi dan meningkatkan risiko toleransi glukosa dan penyakit metabolis seperti diabetes. Pemanis buatan meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Makanan Penyebab Inflamasi

3. Makanan mengandung gluten

Jangan berbuka puasa dengan sereal, mi, pasta, roti tawar, maupun kue berbahan terigu dan gandum, karena makanan mengandung gluten ini mampu memicu inflamasi terutama di dalam sistem pencernaan.

4. Minyak dan lemak memasak

Makanan mengandung mentega, margarin dan minyak goreng pada umumnya sebaiknya juga dihindari karena sangat cepat meningkatkan reaksi inflamasi tubuh. Meski memang renyah dan enak makan goreng-gorengan, namun membuat tubuh rentan terserang penyakit.

5. Olahan susu

Minum susu saat buka puasa memang enak, tapi alangkah baiknya jika minum minuman lain, karena meski sehat di saat-saat tertentu, ternyata susu dan produk olahannya bisa berisiko meningkatkan inflamasi tubuh.

Itu dia sekian makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama buka puasa. Jika memang ingin memakannya, pastikan porsinya sedikit dan lebih banyaklah minum air putih ya Sahabat Fimela.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit
Artikel Selanjutnya
Kate Spade Rayakan Inklusivitas Lewat Naomi Watanabe