Sukses

Lifestyle

Bahaya Tertidur di Depan TV yang Masih Menyala bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Berbaring di bawah selimut yang hangat sambil menonton acara kesukaan di TV memang sangat nyaman. Tapi kadang, kondisi tubuh sangat lelah sehingga kamu jatuh tertidur di depan TV yang masih menyala. Ternyata, dampak hal yang tidak disengaja ini cukup serius bagi kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Self.com, ada beberapa hal yang mampu memengaruhi kesehatanmu. Pertama, lampu yang menyala dari TV. Pada saat tidur, tulis Self.com, lampu yang menyala sangat memengaruhi kualitas tidurmu. 

Jadi, tulis Self.com, tubuhmu memiliki pengaturan waktu alami. Ketika malam datang, otak bagian hipotalamus akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk beristirahat. Hormon melatonin kemudian dikeluarkan kelenjar pineal yang ada di otak, yang akan membantumu untuk merasa lelah, akhirnya mengantuk dan tertidur. 

Masalahnya, kelopak matamu itu terbuat dari kulit yang tipis. Sehingga, cahaya seperti apa pun bisa menembus dan masuk ke mata. Menurut direktur University of Rochester Medicine Sleep Center, cahaya ini akan menahan proses pengeluaran melatonin yang dibutuhkan tubuh untuk bisa tidur

Suara TV Juga Berpengaruh

Sementara itu, suara TV yang masih menyala selama kamu terlelap juga bisa memengaruhi kualitas tidurmu. Semua orang pasti tahu, banyak yang membutuhkan suara TV untuk membantu mereka untuk jatuh tertidur. 

Alasannya, sebagian orang takut suasana sepi sehingga karena ketakutan, mereka akan menjadi lebih sulit untuk tertidur. Masalahnya, suara TV itu tidak stabil. 

Suara yang tidak stabil ini juga akan menambah tubuh untuk sulit terlelap. Sehingga, tidur dengan TV yang masih menyala akan mengganggu pola tidur. Selain itu, meskipun kamu bisa tidur namun kualitasnya bisa jadi tidak maksimal. Padahal, tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan tubuh, seperti regenerasi sel dan mengistirahatkan tubuh dan otak. 

Simak Video Beriktu

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Trik Perbaiki Waktu Tidur Ketika Terasa Lelah
Artikel Selanjutnya
6 Cara Memperbaiki Jadwal Tidur Saat Tubuh Lelah