Sukses

Lifestyle

4 Cara Baik-Baik agar Pasangan Mau Mendengarkanmu

ringkasan

  • Jangan Langsung Menyalahkan Dirinya
  • Jaga Kontak Mata
  • Jauhkan dari Aneka Gangguan atau Pengalih Perhatian

Fimela.com, Jakarta Pasangan yang baik adalah pasangan yang mau mendengar, setuju? Kehadiran pasangan yang bisa mendengarkan semua cerita dan keluh kesah kita sangatlah berarti dalam hidup kita. Komunikasi pun bisa berjalan dengan baik bila pasangan bisa selalu menyediakan waktu dan energinya dengan menjadi pendengar yang perhatian.

Jangan langsung emosi atau marah-marah bila pasangan tak memusatkan perhatiannya pada kita. Ada cara baik-baik yang bisa kita coba dan lakukan agar pasangan mau mendengarkan kita. Seperti tips-tips berikut ini.

1. Jangan Langsung Menyalahkan Dirinya

Sebelum menuntutnya untuk jadi pendengar yang baik, kita perlu menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu untuknya. Curahkan perhatian kita padanya saat dia berbicara. Bila dia sudah merasa dihargai dan didengarkan, dia pun akan mencurahkan perhatiannya pada kita saat kita berbicara dengannya. Tak perlu buru-buru menyalahkan dirinya, ya.

2. Jaga Kontak Mata

Saat berbicara dengannya, jaga kontak mata. Kontak mata dan tatapan menjadi tanda bahwa kita ada untuknya dan menginginkannya ada untuk kita pada saat yang sama. Kontak mata bisa jadi sinyal bahwa kita membutuhkan kehadirannya. Begitu ia merasa dirinya dibutuhkan, ia pun akan berusaha menjadi pendengar yang baik untuk kita.

3. Jauhkan dari Aneka Gangguan atau Pengalih Perhatian

Misalnya, untuk bisa fokus bicara, singkirkan ponsel untuk sementara waktu. Jangan malah sibuk main ponsel atau mengecek media sosial saat berbicara. Pastikan kehadiran pasangan berarti dan bermakna untuk kita. Utarakan bahwa kita hanya membutuhkan pasangan untuk mendengarkan kita untuk membuat keadaan lebih baik. Dengan sama-sama fokus pada pembicaraan atau obrolan yang ada, maka akan lebih mudah bagi pasangan untuk mendengarkan kita.

4. Secara Terbuka Meminta Perhatiannya

"Boleh aku minta perhatiannya lima menit aja?"

"Aku hanya butuh waktu paling lama 10 menit ini saja agar kamu mau mendengarku."

"Bisa kan kamu memberiku perhatian untuk saat ini?"

Coba untuk secara terbuka meminta perhatiannya. Tentu saja dengan nada bicara yang lembut. Bisa jadi selama ini ia belum benar-benar menyadari bahwa keberadannya sangat penting bagimu. Coba lebih terbuka menyampaikan keinginan kita. Bila kita ingin dia bisa mendengarkan kita sepenuh hatinya, kita bisa menyampaikan maksud kita dengan sepenuh hati juga padanya.

Selalu ada cara yang bisa dicoba untuk membuat pasangan mau mendengarkan kita. Kalau Sahabat Fimela sendiri kira-kira punya tips lain yang efektif untuk membuat pasangan bisa jadi pendengar yang baik?

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Agar Pasangan Mau Mendengarkanmu
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Pria Sensitif Pasangan Terbaik dalam Hubungan