Sukses

Lifestyle

Australia Sugguhkan Destinasi Liburan Menarik Bagi Keluarga Muslim

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sedang merencanakan liburan dengan beragam kegiatan menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga? Australia bisa menjadi tujuan berlibur selanjutnya karena menghadirkan pengalaman yang lengkap mulai dari menikmati keindahan alam sambil berinteraksi dengan hewan asli asal Australia, petualangan untuk anak, hingga pengalaman belanja!

Soal makanan, tak perlu risau, karena Australia punya banyak pilihan restoran halal, juga bisa menikmati makanan laut yang segar di sini. Nah, ini yang bisa dilakukan untuk UnDiscover Australia!

 1. Bersatulah dengan alam di Western Australia

Seluruh keseruan di Australia Barat dimulai dari Perth, ibukota negara bagian Australia Barat. Di Perth, Elizabeth Quay adalah tempat yang harus dikunjungi di mana ini merupakan pusat dari beragam aktivitas dan acara. Nikmatilah air mancur di sana, membunyikan bel di bell tower dan berjalan menyusuri Swan River yang besar. Juga bisa belajar mengenai suku Aborigin dengan mengambil tur yang disediakan oleh Go Culture dan melihat bagaimana masyarakat Nyungar membangun permukiman dan peradaban di sekitar sungai.

Fremantle adalah area penting lain di Perth. Bawa keluargamu untuk berbelanja di Pasar Fremantle, sebuah pasar yang berusia lebih dari 100 tahun yang menjual barang-barang vintage termasuk kerajinan asli suku Aborigin. Dan bisa mengunjungi Penjara Fremantle yang menjadi pusat hukuman dan penyiksaan para kriminal abad ke-19. Tak jauh dari sini, area Fishing Boat menawarkan pilihan sefoood yang beragam.

Selain seafood, Perth memberikan pilihan restoram halal unutuk seluruh keluarga. Dua restoran yang bisa jadi pilihan adalah Chee Tayeb yang menyajikan masakan khas Lebanon dan Tamarind Café yang menyajikan masakan Indonesia-Jawa.

Keluar dari Perth, akan lebih menyaksikan keindahan alam Australia Barat. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan road trip dan mengambil jalur Indian Ocean Drive. Pasir putih yang membentang antara Perth dan Ningaloo begitu menawan. Indian Ocean Drive adalah jalur yang menyusuri tepi pantai, namun ada begitu banyak tempat indah selain pantai di sepanjang jalur 1250 km ini.  Mampirlah ke Pinnacles di Taman Nasional Nambung untuk menikmati formasi batu kapur yang unik, melewati hamparan bunga-bunga liar yang Indah di pinggir jalan dan menikmati perbukitan batu di Kalbarri.

Atau, bisa memberi makan lumba-lumba di Monkey Mia dan ber-snorkling ria di Ningaloo. Jangan lewatkan pula pengalaman tak terlupakan berenang bersama hiu paus ketika mereka melintas di Ningaloo pada bulan April-Juli. Pastikan juga menyantap lobster segar langsung di tepi pantai seperti di Lobster Shack di Cervantes. Kota pantai Geraldton juga akan memberikan akses menuju Hutt Lagoon, di mana bisa menikmati “Pink Lake” dari atas.

 

2. Jelajahi Victoria!

Sebagai sebuah kota metropolitan, Melbourne juga menjadi kota tujuan dari para imigran dari seluruh dunia, yang membuat kota ini begitu dinamis dan hidup dengan beragam budaya. Islamic Museum Australia menjadi salah satu tempat yang menarik dikunjungi dan bisa belajar mengenai keragaman budaya serta mengetahui seni budaya Islam dan warga Muslim di Australia dan dunia. Area di sekitar museum juga terdapat banyak restoran halal untuk makan siang.

Tidak akan sulit menemukan restoran halal di Melbourne. Cobalah Restoran Gazi yang dimiliki oleh George Calombaris, salah satu chef terbaik di Australia untuk menikmati hidangan Yunani. Atau, bisa mampir di Tiba’s yang menyuguhkan masakan khas Lebanon.

Phillip Island merupakan destinasi menyenangkan bagi keluarga sebab dapat bermain ilusi optic, puzzles dan labirin di A Maze’N Things, belajar mengenai coklat di Phillip Island Chocolate Factory, dan bermain secara virtual interaktif di Nobbies Centre. Setelah lelah bermain seharian, serta menikmati matahari terbenam yang cantik sambil melihat barisan penguin yang berjalan kembali ke lautan.

 

Di hari berikutnya, bisa berkendara sepanjang 400 km menyusuri Great Ocean Road, salah satu jalur roadtrip dengan pemandangan terindah di dunia. Pantai-pantai di sepanjang jalur ini sungguh mengagumkan! Jangan lupa untuk mampir ke desa nelayan yang unik di Port Fairy atau nikmati romansa di Lorne. Juga tidak boleh melewatkan tur dengan helikopter untuk melihat 12 Apostles, Shipwreck Coast dan Taman Nasional Port Campbell dari udara.

Bawa anak-anak untuk berinteraksi dengan hewan: melihat paus di Logan Beach, melihat anjing laut di Cape Bridgewater atau berenang bersama lumba-lumba di Queenscliff. Di Great Otway National Park, Anda juga bisa bermain dengan koala. Sepanjang jalur ini, terdapat kota-kota kecil tepi pantai sebagai tempat perhentian sambil menikmati makanan laut yang segar.

3. Queensland yang meriah

Brisbane adalah kota terbaik untuk mendapatkan pengalaman gaya hidup yang menarik. Kota penuh warna ini menyajikan ragam budaya yang indah, gaya hidup urban yang menarik serta pengalaman kuliner kelas dunia.

Mulailah perjalanan dari Brisbane City Hall yang memiliki gaya arsitektur 80-an. Di dalamnya, bisa mengunjungi Museum of Brisbane di mana bisa mempelajari cerita mengenai budaya dan sejarah Brisbane. Sempatkan untuk naik ke Clock Tower – naik dengan lift yang antik – untuk melihat pemandangan kota dari atas.

Bawa seluruh keluarga untuk menikmati South Bank Parklands, sebuah taman hijau yang terletak di puast kota. Di taman ini, Anda bisa menemukan Streets Beach, sebuah pantai buatan di tengah kota. Jangan lupa mengambil foto dengan latar tulisan BRISBANE di samping Streets Beach.

Rasakan keseruan berbelanja dengan menelusuri Queen St. Mall, pusat belanja dan komersial kota Brisbane. Bisa berbelanja dari Brisbane Arcade yang ikonik hingga Tattersall’s Arcade lalu menelusuri Adelaide Street untuk melihat butik-butik kecil nan cantik.

Jangan khawatir soal makanan karena Brisbane menawarkan banyak restoran halal seperti Black Hide Steakhouse yang menyajikan steak halal. Coba juga kuliner Timur Tengah di Mecca Bahatau makanan Turki di Mado Restaurants.

Satu jam berkendara dari Brisbane, akan tiba di Gold Coast, kota pantai yang cantik, keluarga bisa mendapatkan keseruan bersama. Destinasi wajib untuk keseruan anak-anak adalah WB Movie World, di mana anak-anak bisa menjelajah taman bermain ini sepanjang hari. Cobalah DC Rivals Rollercoaster, rollercoaster tertinggi, terpanjang dan tercepat di wilayah bumi bagian selatan. Dari WB Movie World, melanjutkan petualangan di Skypoint Observation Deck yang menawarkan pemandangan 360 derajat. Bagi yang suka tantangan, bisa mencoba Skypoint Climb untuk mendapatkan pemandangan kota yang spektakuler.

Jelajahi keindahan tersembunyi di daerah pedalaman Gold Coast.  Dapat berkunjung ke Tamborine Rainforest Skywalk, Curtis Falls dan Glow Worm Cave. Ini adalah gua yang sangat unik karena akan melihat sendiri cacing bercahaya yang tinggal di dalam gua.

Destinasi lain untuk seluruh keluarga adalah Hinterland Regional Park, taman indah seluas 62 hektar yang menjadi lokasi bagus untuk melakukan berbagai kegiatan rekreasi bersama keluarga, atau hanya untuk sekadar santai dan menikmati suasana.

Untuk melengkapi liburan di Gold Coast, manjakan diri dengan menyantap makanan halal yang nikmat. Anda bisa mencoba Charis Seafoods, atau ketika di Tamborine, bisa mencoba Cocohut, restoran Thailand yang bersertifikasi halal.

4. New South Wales yang penuh warna

Mulailah perjalanan dari Sydney dengan berjalan menyusuri pantai sepanjang 6 km. Mulailah di Bondi Beach (mungkin inilah pantai yang paling terkenal di Australia), jalan terus ke Tamarama Beach, Bronte, Clovelly dan berakhir di Coogee Beach. Di sepanjang jalan, sempatkan lah untuk berenang dan rasakan angin segar dari laut. Jika lapar, restoran seafood tersedia di sepanjang jalur yang dilewati untuk menyantap fish and chips.

Ajak keluargamu ke Taronga Zoo, yang memiliki lebih dari 4000 hewan asli Australia termasuk kanguru dan koala. Kebun Binatang ini juga menawarkan beberapa kegiatan dan petualangan untuk anak-anak seperti seluncur tali dan panjat tali. Bahkan bisa menginap di sini dan mendapatkan akses eksklusif untuk melihat bagaimana kegiatan kebun binatang selain yang dilihat oleh kebanyakan pengunjung.

Ada banyak pilihan restoran halal di Sydney. Bagi yang ingin mendapatkan pengalaman makan di restoran kelas dunia, cobalah Efendy yang menyajikan masakan khas Turki, serta Zaafran yang menyajikan masakan khas India dengan kualitas internasional.

Alternatif lain di luar Sydney adalah dengan menyusuri wilayah South Coast dari negara bagian ini. Dari pantai-pantai indah, alam liar yang menawan hingga petualangan di South Coast akan menjadi momen tak terlupakan liburanmu. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini termasuk melihat lumba-lumba, paus dan singa laut hingga bermain kayak.

 

Olahraga air dan ekstrem seperti skydiving dan hand-gliding adalah hal-hal seru yang patut dicoba. Terletak begitu dekat dengan laut, seafood merupakan hidangan yang tidak bisa dilewatkan, dan South Coast merupakan wilayah penghasil tiram terbaik di Australia. Cobalah Pelican Rocks Seafood Restaurant and Café atau Rick Stein Bannisters.

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading