Sukses

Lifestyle

3 Tips Merebus Kerang agar Tidak Alot

ringkasan

  • Rebus dengan Menggunakan Api Sedang
  • Gunakan Panci Anti Lengket
  • Tutup Panci selama Proses Perebusan

Fimela.com, Jakarta Kerang memang paling pas diolah jadi tumisan atau sate. Tapi kalau dagingnya alot, cita rasanya jadi kurang sempurna. Di sini kita memang perlu melakukan teknik perebusan yang tepat agar daging kentang tidak alot.

Kerang segar yang sudah dibersihkan dan direndam dalam air jeruk nipis atau air lemon bisa langsung direbus. Kita bisa menambahkan bumbu dan rempah seperti jahe, serai, bawang putih, dan bawang merah dalam air rebusan agar daging kerang tidak amis. Nah, dalam proses perebusannya ini ikuti tips-tipsnya berikut ini, ya.

1. Rebus dengan Menggunakan Api Sedang

Gunakan api sedang untuk merebus kerang. Begitu cangkangnya sudah membuka, matikan api. Biasanya butuh waktu perebusan sekitar 5 menit saja. Jangan kelamaan direbus karena nantinya daging malah akan mengkerut dan alot.

2. Gunakan Panci Anti Lengket

Kita bisa menggunakan wajan cekung anti lengket atau saute pan untuk merebus kerang. Tujuannya agar memudahkan kita dalam proses mengaduknya. Dan bahan bumbu pun tidak gosong, menempel, atau lengket di permukaan panci.

3. Tutup Panci selama Proses Perebusan

Tutup panci atau wajan selama proses perebusan. Dengan meningkatnya uap panas dalam wajan, kerang bisa cepat matang. Tapi jangan terlalu sering dibuka tutup. Setidaknya tunggu empat menit terlebih dahulu baru wajan dibuka.

Cukup mudah bukan? Intinya memang proses perebusan jangan terlalu lama. Begitu cangkangnya sudah terbuka, kita perlu langsung mematikan api. Setelah itu daging kerang bisa kita olah jadi hidangan yang kita inginkan.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Kepribadian dan Pikiran Seperti Ini Membuatmu Hidup Panjang Umur!
Artikel Selanjutnya
4 Pasangan Zodiak yang Paling Membosankan dalam Menjalani Hubungan