Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengolah Belut agar Gurih dan Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang yang suka makan belut mungkin ingin tahu bagaiamna jika mengolah belut sendiri di rumah. Namun sayangnya beberapa orang asal saja mengolah belut sehingga tidak sesuai dengan rasa yang biasanya ia beli di warung-warung makan.

Terkadang belut bisa terasa amis dan tidak gurih karena kesalahan memasak dan membersihkannya. Ini yang harus dilakukan agar belut gurih dan tidak amis.

1. Buang isi perutnya

Setelah memukul kepalanya hingga belut mati, belah perutnya dan buang semua isi eprutnya agar tidak pahit saat dimasak. Cuci bersih.

2. Rendam dengan air jeruk nipis dan garam

Setelah itu, lumuri dengan jeruk nipis dan garam selama kurang lebih 20 menit untuk membuat lendirnya keluar semua dan agar mudah dibersihkan.

Cara Mengolah Belut agar Gurih dan Tidak Amis

3. Cuci bersih dari lendirnya

Lendir ini yang seringkali meninggalkan rasa amis, jadi bersihkan hingga tidak ada lendir atau hingga tubuh belut kesat. CUci beberapa kali hingga benar-benar bersih.

4. Bumbui dengan banyak bawang putih

Bumbu yang cukup banyak akan memberikan rasa gurih dan menghilangkan amisnya. Cukup dengan bawang putih, garam dan merica, haluskan dan rendam lebih lama agar bumbu meresap.

5. Goreng kering

Goreng belut dalam minyak panas, usahakan hingga tenggelam. Jika belum kering benar, jangan dibalik, atau belut akan menempel dan dagingnya hancur. Selalu goreng belut lebih dulu jika ingin mengolahnya menjadi makanan lain agar tidak amis ketika dijadikan makanan lain.

Itu dia sekian cara mengolah belut agar gurih dan tidak amis. Semoga bermanfaat.

Tonton video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menambahkan Garam pada Air Rebusan Pasta, Apa Manfaatnya?
Artikel Selanjutnya
Tren Aksesori untuk Tampil Lebih Meriah di Akhir Pekan