Sukses

Lifestyle

3 Tips Membuat Bakso agar Tidak Hancur dan Pecah

Fimela.com, Jakarta Banyak orang ingin membuat bakso yang kenyal dan padat seperti yang dijual abang-abang keliling, namun sayangnya tidak banyak orang bisa berhasil membuat bakso homemade dengan kualitas abang-abang pinggir jalan. Mungkin ini yang perlu diperhatikan ketika mengolah bakso agar tidak gampang hancur atau pecah.

1. Perbandingan bahan yang tepat

Pastikan perbandingan tepung tapioka dan teigu yang digunakan tidak terbalik atau terlalu banyak satu sama lain. Gunakan perbandingan 4:1 untuk daging giling dan tepung tapioka.

2. Pentingnya es batu

Es batu merupakan bahan penting yang memegang peran besar dalam membentuk tekstur bakso yang padat dan kenyal saat direbus. Setelah mencampurkan daging giling dan tepung tapioka, pastikan memberikan es batu bersamaan dengan bumbu. Atau memasukkan es batu yang telah dihancurkan saat mengaduk daging dengan tepung.

Tips Membuat Bakso Tidak Mudah Hancur

3. Rendam air hangat lebih dulu

Setelah tercampur rata, buat bulatan-bulatan bakso dan siapkan wadah besar air hangat. Sambil menunggu panci untuk merebus bakso, masukkan bakso yang sudah dibentuk ke dalam wadah air hangat. Baru setelahnya rebus hingga matang atau hingga bakso mengapung.

Tiriskan segera dan siram dengan air es untuk mempertahankan kepadatan bakso. Bakso siap sajikan dengan kuah hangat. Itu dia tips membuat bakso yang tidak mudah hancur, Sahabat Fimela.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Serum Anti-aging dari Merek Lokal dengan Harga Terjangkau
Artikel Selanjutnya
Yang Sering Didoakan Bisa Makin Didekatkan