Sukses

Lifestyle

Etika Berkomentar Tentang Pengeluaran Uang Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Uang memang bisa menjadi pembahasan yang sangat sensitif, sedekat apapun hubunganmu dengan seseorang. Kamu masih bisa merasa aneh ketika melihat seseorang yang dekatmu menghabiskan banyak uang, di saat kamu tahu seharusnya ia mulai menabung.

Namun, bagaimana cara yang tepat untuk mengomentari pengeluaran uang orang lain? Dilansir dari bravotv.com, Kamis (20/6/2019), ada baiknya menyimpan saran tentang pengeluaran uang seseorang untukmu sendiri, jika tidak diminta secara khusus.

Prioritas mereka mungkin tidak sama dengan prioritasmu dan saran yang akan kamu berikan mungkin tidak akan mengubah apapun tentang pengeluaran uang mereka. Kecuali kamu adalah seorang ahli keuangan dan melihat keputusan yang sangat buruk dibuat oleh seorang teman atau orang terdekat, carilah topik lain untuk dibicarakan.

Jika kamu benar-benar tidak dapat menahan perasaanmu, maka cobalah memulai percakapan dengan kalimat, "Jika kamu perlu bantuan, saya bisa memberikan saran dengan senang hati." Keputusannya ada pada mereka, apakah mereka tertarik mendengarkan saranmu atau tidak tentang pengeluaran uang yang mereka lakukan.

 

Motif dari orang yang mengomentari pengeluaran uang orang lain

Orang yang bicara tentang pengeluaran uang orang lain bisa memiliki motif berbeda. Mulai dari kecemburuan, tulus ingin membantu, ingin merasa dibutuhkan, atau merasa perlu diperhatikan dalam suatu kelompok.

Intinya, kecuali kamu meminjamkan uang kepada orang lain, pengeluaran uang siapapun itu bukan urusanmu. Selain itu, para ahli setuju bahwa lingkaran pertemananmu dapat mempengaruhi pengeluaran uangmu.

Jangan pernah terlibat hutang hanya agar kamu bisa diakui oleh sekelompok orang. Kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan cukup uang, jika meminjam apa yang tidak kamu miliki.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

;
Loading