Sukses

Lifestyle

Tips Agar Cilok Matang Sempurna (Tidak Mentah Bagian Dalamnya)

Fimela.com, Jakarta Cilok memang jajanan favorit bagi banyak orang dari berbagai usia. Membuatnya sendiri di rumah pun cukup mudah. Hanya saja kadang saat membuat cilok, sering kita dapati bagian tengahnya tidak matang saat direbus. 

Agar cilok matang sempurna, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghasilkan cilok yang enak dan matangnya merata. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Uleni Adonan dengan Air Panas yang Baru Mendidih

Ketika semua bahan tepung dan bumbu sudah tercampur rata, kita perlu menggunakan air panas yang baru mendidih untuk menguleni. Bila selama ini kita menguleni adonan dengan air dingin dan hasilnya bagian dalam cilok tidak matang saat dimasak, sekarang coba pakai air panas yang baru mendidih. 

2. Tuang Air Panas Sedikit demi Sedikit

Air panas yang kita gunakan perlu dituangkan sedikit demi sedikit. Selain untuk memastikan adonan yang kita hasilkan tidak terlalu lembek, hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan tekstur cilok yang lebih lembut. Semua bahan bisa tercampur rata sempurna dan ketika direbus nanti bisa matang merata.

3. Rebus Sampai Mengapung

Setelah selesai diuleni, adonan bisa langsung dibentuk bulat-bulat. Didihkan air, lalu masukkan bulatan cilok ke dalamnya. Masak hingga cilok mengapung, biarkan dulu beberapa menit baru kemudian diangkat dan ditiriskan. Cilok yang belum mengapung itu tandanya belum matang. 

4. Jika Menggunakan Bahan Isian, Pastikan Sudah dalam Keadaan Matang

Misalnya, kita ingin memberi isian irisan daging sapi di dalam bulatan cilok yang kita buat. Sebaiknya daging sapi sudah dalam keadaan matang saat kita masukkan ke dalam bulatan cilok yang kita buat. Cara ini bisa memudahkan kita untuk mendapatkan cilok yang matang sempurna.

Tips-tipsnya cukup mudah, bukan? Semoga infonya bermanfaat ya dan bisa membantumu mendapatkan cilok kenyal yang matang merata.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit
Artikel Selanjutnya
Kate Spade Rayakan Inklusivitas Lewat Naomi Watanabe