Sukses

Lifestyle

4 Persiapan yang Wajib Dilakukan Saat Datang Bulan Berdasarkan Siklusnya

Fimela.com, Jakarta Masa datang bulan akan segera datang? Biasanya, kamu akan mulai mengalami mood swing dan rasa tak nyaman pada tubuh. Nah, biar tetap siap dan semangat menjalani aktivitas, lakukan berbagai persiapan berikut yang menyesuaikan dengan periode menstruasi kamu.

Periode Merah Menstruasi: Lakukan Yoga dan Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Menstruasi atau periode merah ini ditandai dengan rendahnya hormon estrogen dan progesteron. Gejalanya pun beragam, mulai dari perubahan mood yang mendadak, payudara dan perut keram akibat otot rahim yang berkontraksi, muncul jerawat, hingga kurang konsentrasi dan semangat.

Solusinya, lakukan yoga atau berjalan kaki yang dapat mengurangi rasa nyeri berkat endorphin yang dilepaskan oleh tubuh saat berolahraga. Selain itu, tingkatkan konsumsi makanan tinggi zat besi yang penting buat pembentukan sel darah merah. Jika diperlukan kamu juga bisa minum Sangobion Femine Menstrupain 1 kapsul per hari.

Periode Putih - Pre Ovulasi: Olahraga Kardio dan Konsumsi Makanan Kaya Protein & Karbohidrat

Pre ovulasi atau Periode Putih adalah siklus di mana hormon estrogen dan progesteron mulai meningkat. Kamu akan merasa penuh semangat, produktif, optimis, dan wajah pun tampak lebih berseri. Untuk mempertahankan suasana hati yang sedang baik ini, tidak ada salahnya untuk memperbanyak olahraga kardio dan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang jadi sumber tenagamu.

Periode Pink - Ovulasi: Lakukan High Impact Exercise Agar Tubuh Tetap Fit

 

Inilah puncak dari produksi hormon estrogen dan sebaliknya progesteron dalam kadar yang rendah. Saat ovulasi atau Periode Pink ini, sel telur yang matang akan dilepas dari rahim dan siap dibuahi. Biasanya, proses ini terjadi 16 hari setelah hari pertama menstruasi atau dua minggu sebelum periode menstruasi berikutnya.

Biasanya, kamu akan mulai mengalami penurunan semangat, wajah berminyak, mudah lelah, dan perasaan yang sensitif. Kalau sudah begini, coba lakukan high impact exercise untuk mengembalikan semangat dan menjaga tubuh tetap fit. Selain itu, tingkatkan konsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah perut kembung yang dipicu oleh naiknya kadar estrogen dalam tubuh.

Periode Hitam Pre Menstruasi: Latihan Kardio dan Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Gula dan Garam

Pre menstruasi  atau Periode Hitam ditandai oleh hormon estrogen dan progesteron yang mulai turun. Biasanya kamu akan mengeluhkan kondisi tubuh yang terasa kurang nyaman akibat kembung, mulai tumbuh jerawat di wajah, malas bekerja, dan emosional.

Untuk mengatasi berbagai tanda PMS, coba lakukan latihan kardio untuk mengurangi stres dan bikin tubuh terasa segar dan batasi asupan makanan tinggi gula atau garam. Jangan lupa minum Sangobion Femine Menstrupain 1 kapsul per hari mulai H-3 dari hari pertama menstruasi.

 

 

Mengenali 4 periode menstruasi ini dapat membantumu mempersiapkan diri, sehingga aktivitas sehari-harimu terbebas dari gangguan. Jika diperlukan, siapkan selalu Sangobion Femine Menstrupain yang diformulasikan dari bahan herbal seperti kunyit, asam jawa, tapak liman dan daun jambu biji untuk membantu meredakan nyeri secara praktis karena berbentuk kapsul dan dikonsumsi 1x sehari untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama haid. Agar kamu tetap bisa aktif meskipun sedang menstruasi.

 

Untuk tahu selengkapnya tentang siklus datang bulan dan persiapan apa saja yang perlu dilakukan tonton video berikut ini yuk!

Loading
Artikel Selanjutnya
Berumur Ribuan Tahun, Akupunktur Kini Jadi Alternatif Pengobatan Alami dan Efektif
Artikel Selanjutnya
Terlihat Awet Muda dari Usia Sesungguhnya, Ini Cara Cegah dan Usir Kerutan Wajah