Sukses

Lifestyle

4 Jenis Diet Detoksifikasi yang Harus Kamu Tahu Demi Hidup Sehat

ringkasan

  • Detoks merupakan proses pembersihan dan pengeluaran racun dari dalam tubuh.
  • Ada berbagai macam cara untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Seperti jus dan smoothie, detoks liver, pantangan, dan detoks kolon. Mana yang cocok untukmu?

Fimela.com, Jakarta Diet bukan hanya sekadar menurunkan berat badan. Dengan jenis diet sehat, tubuhmu bukan hanya bisa menjadi langsing, tetapi juga menjadi lebih sehat. Pasalnya, diet sehat dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Proses ini dinamakan detoksifikasi. 

Dilansir dari Health Line, detoks biasanya mengacu pada proses pembersihan. Detoks sebenarnya sudah lama muncul, bahkan sempat menjadi salah satu tren dalam dunia gaya hidup sehat. 

Ketika racun-racun tidak lagi mengendap dalam tubuh, sistem pencernaan akan bekerja jauh lebih baik. Selain itu, tubuh yang bebas racun juga akan membuatmu merasa lebih sehat, penuh energi, serta awet muda. 

Menurut Health Line, ada 4 macam detoks. Namun, pada dasarnya keempat macam detoks tersebut memiliki prinsip mengganti makanan dengan cairan yang akan mendukung pengeluaran racun dalam tubuh secara natural. Lantas, apa saja macamnya? 

Jus dan Smoothie

Ada banyak cara untuk membuat racun-racun keluar dari dalam tubuh. Pertama, dengan detoks smoothie atau jus buah-buahan. Karena ini merupakan diet sehat dan melibatkan proses detoksifikasi, pastikan jus dan smoothie yang kamu buat super sehat. 

Dilansir dari Health Line, mengganti makanan dengan jus atau smoothie selama 3-21 hari akan membersihkan tubuh dari racun. Namun, jangan asal memilih atau membuat jus. Jus yang dimaksud disini harus fresh, cold pressed, tanpa gula atau pemanis buatan. 

Detoks Liver

Detoks liver ini bertujuan untuk meningkatkan sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh, sehingga meningkatkan kinerja liver dalam tubuhmu. Meskipun ini merupakan ide yang baik, namun banyak orang juga yang lebih memilih untuk mengatur asupan makanan sehari-harinya atau dengan diet sehat biasa sehingga sistem di seluruh tubuh dapat bekerja dengan baik. 

Health Line menulis, ketika kamu sudah menjalani pola makan dan hidup sehat, otomatis liver dan bahkan organ tubuh lainnya akan berfungsi dengan lebih baik. 

Detoks dengan Pantangan

Jenis lainnya dari detoks adalah detoks dengan pantangan. Jadi, seperti orang alergi, kamu pantang mengonsumsi minuman dan makanan untuk membersihkan tubuh dari racun-racun yang selama ini mengendap. 

Biasanya, makanan yang menjadi pantangan adalah makanan junk food, jajanan pinggir jalan penuh minyak, jeroan, produk susu, dan gluten. 

Pembersihan Kolon

Kolon merupakan usus besar yang memang memiliki banyak bakteria jahat atau juga racun sisa-sisa makanan yang dikonsumsi. Banyaknya racun di usus besar memang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Baik penyakit pencernaan, maupun penyakit lainnya. 

Biasanya, orang akan membersihkan kolon dengan diet yang penuh dengan makanan serta minuman berserat tinggi. Selain dilakukan dengan serat alami dari makanan dan buah, banyak juga orang yang memilih makanan tambahan yang sudah dijadikan tablet berisi serat atau laxatives. Jadi, diet mana yang akan kamu coba untuk membersihkan tubuhmu dari banyak racun?

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading