Sukses

Lifestyle

Tes Urin Bisa Cegah Kanker Serviks, Menurut Studi!

Fimela.com, Jakarta Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang paling banyak menyerang perempuan. Bahaya kanker serviks sudah seringkali dikampanyekan dan mengajak semua perempuan untuk berhati-hati dan memahami seperti apa itu kanker serviks dan gejalanya.

Meski demikian, tetap tak muah memperkirakan siapa yang akan mengalami kanker serviks, dan diperlukan tes rutin seperti pap smear untuk mengetahui risikonya. Namun bukan hanya dengan pap smear, ternyata tes urin juga bisa menjadi tes mencegah kanker serviks.

Penelitian yang dilakukan peneliti dari University of Manchester menemukan bahwa tes urin kemungkinan sama efektifnya seperti pap smear untuk mencegah kanker serviks. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open ini juga menunjuk bahwa tes urin kemungkinan besar mampu mengidentifikasi human papillomavirus (HPV), virus yang menyebabkan kanker serviks.

Tes Urin Bisa Prediksi HPV

Ketua peneliti, Dr Emma Crosbie, menyebutkan bahwa sampel lendir serviks, vagina dan sampel urin merupakan cairan-cairan yang dinilai efektif mengetahui infeksi HPV.

Hasil penelitian ini merupakan penemuan besar karena dibandingkan pap smear, tes urin merupakan tes yang lebih umum dan mudah dilakukan. Meski memang masih dibutuhkan pengembangan lebih lanjut, namun ini merupakan kabar baik untuk mencegah kanker serviks lebih baik ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading