Sukses

Lifestyle

Jalani Diet Ketogenik, Hati-hati Rambut Jadi Rontok

Fimela.com, Jakarta Menjalani diet ketogenik, biasanya orang akan merasa jauh lebih baik. Selain tenaga bertambah, berat badan dengan cepat akan turun, dan kamu kembali fit. 

Tapi ternyata, metode diet yang bisa dibilang sangat efektif dan jadi favorit banyak orang ini juga memiliki efek samping. Dilansir dari Women's Health Magazine, diet keto ini ternyata menimbulkan efek kerontokan rambut pada sebagian orang. 

Ternyata, rambut memang bisa rontok selama kamu menjalani diet ini. Dilansir dari Women's Health Magazine, biasanya keto cenderung menukar karbohidrat dengan lemak dan cukup protein. 

Mungkin, bisa saja asupan protein yang kurang. Sehingga rambut dan akarnya kekurangan keratin dan mulai rontok. Namun, sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi.  

Penuhi Kebutuhan Protein

Meski diet keto ini memperbanyak asupan lemak dan sedikit karbohidrat, bukan berarti kamu harus mengurangi makanan berprotein. Living Strong menulis, orang yang menjalani diet keto tetap harus memenuhi kebutuhan protein untuk tubuhnya. 

Karena itu, sebenarnya jika diet ketomu benar, tubuh tidak akan kekurangan protein. Sehingga, rambut tidak akan rontok dalam jumlah yang tak wajar. 

Cek ke Dokter

Jika kamu masih juga mengalami kerontokan yang cukup serius selama menjalani diet keto, cobalah untuk pergi mengunjungi dokter atau dermatologist. Tanyakan pada dokter dan lakukan pemeriksaan, apakah kerontokan rambut disebabkan oleh diet keto, atau karena masalah lain. 

Kerontokan rambut sebenarnya bukan cuma karena kekurangan keratin. Tetapi juga bisa karena ketombe, kondisi rambut yang rapuh akibat kering, dan lain-lain. 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading