Sukses

Lifestyle

Tanda Seseorang Sedang Berbohong dari Gerakan Tangannya

Fimela.com, Jakarta Mengetahui berbohong tidaknya seseorang memang cukup tricky. Kita harus benar-benar peka dengan bahasa tubuhnya. Ya, bahasa tubuh seseorang bisa menunjukkan jujur tidaknya dalam berkata-kata.

Ada banyak cara untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak. Salah satunya adalah dari gerakan tangannya. Dilansir dari oprahmag.com, dalam situasi yang tidak nyaman, orang dewasa akan berusaha membuat dirinya merasa nyaman. Untuk bisa merasa nyaman, mereka akan menyentuh mulut, mata, telinga, dan hidung untuk mengenyahkan stres atau rasa cemas.

Setia orang punya cara sendiri dalam menciptakan rasa nyaman. Kita mungkin akan melihat seseorang yang diduga sedang berbohong akan menggaruk tubuhnya. "Stres memberi efek negatif pada ujung-ujung saraf yang membuat orang merasa gatal," papar Patti Wood, pakar bahasa tubuh dan penulis SNAP Making the Most of First Impressions Body Language and Charisma. Mata, hidung, telinga, dan mulut adalah organ yang memiliki lebih banyak ujung saraf sehingga bagian tersebut lah yang biasanya jadi yang paling pertama disentuh. Jadi, bila kita ingin mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak kita perlu memperhatikan gerakan tangannya ketika berbicara.

Bila seseorang sedang berbohong atau dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan, ia mungkin akan menyembunyikan tangannya di bawah meja atau memasukkan tangannya ke dalam kantong baju. Mengartikan bahasa tubuh memang butuh kepekaan yang cukup tinggi. Bahkan kita juga perlu memahami situasi atau kondisi yang sedang terjadi. Kita memang tak bisa langsung menuduh seseorang berbohong, tapi kita bisa lebih waspada lagi dengan mengetahui beberapa sinyalnya supaya lebih mudah dalam bersikap.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading