Sukses

Lifestyle

5 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Sejak Dini

ringkasan

  • Menabung di Tabungan Konvensional
  • Tabungan Berjangka Khusus Pendidikan
  • Reksadana

Fimela.com, Jakarta Salah satu prioritas setelah menikah dan mempunyai anak adalah dengan menyiapkan dana pendidikan. Sejak dini siapkan dana pendidikan untuk anak. Hal ini penting agar pendidikan anak terjamin, dan Mom tidak perlu khawatir akan hal ini.

Pendidikan tidak bisa ditunda, sementara usia pensiun Mom sebagai orangtua sudah pasti. Jadi, pastikan dana pendidikan dipersiapkan sedini mungkin. Berikut ini adalah tips menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini, yang bisa mom coba. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menabung di Tabungan Konvensional

Memilih untuk menabung di tabungan konvensional adalah cara paling umum yang banyak dilakukan orangtua untuk menyiapkan dana pendidikan. Salah satu hal yang membuat banyak orang memilih jenis tabungan ini adalah simple, praktis dan dana yang bisa ditarik kapan saja.

2. Tabungan Berjangka Khusus Pendidikan

Tabungan berjangka dengan setoran yang bisa mom pilih bisa menjadi pilihan. Jangka waktunya pun bisa ditentukan sesuai dengan keinginan mom. Jasa yang diperoleh pun biasanya berbeda dan lebih tinggi dibandingkan jika dana mmo simpan di tabungan konvensional.

Tabungan berjangka ini pun praktis karena biasanya menggunakan sistem auto debit dari tabungan utama. Jadi tidak perlu takut terlewat menabung.

3. Reksadana

Instrumen lain yang bisa mom gunakan untuk menyiapkan dana pendidikan adalah menabung reksada. Investasi ini memiliki risiko lebih kecil, namun keuntungannya lebih dibanding menabung di bank konvensional ataupun di tabungan khusus pendidikan.

Investasi Saham dan Obligasi

4. Saham

Investasi dana pendidikan lainnya yang bisa mom coba adalah menabung saham. Pilih saham blue chip yang memiliki pendapatan stabil dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Jadi risiko untuk menabung saham blue chip rendah. Keuntungan jangka panjang dari saham ini bisa menjadi alternatif untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak.

5. Obligasi

Akhir-akhir ini pemerintah menerbitkan obligasi. Nilai jasanya lebih tinggi dibandingkan deposito. Obligasi pemerintah ini juga lebih menguntungkan karena dijamin oleh pemerintah, jadi mom tidak perlu khawatir.

Nah, demikian 5 instrumen yang bisa mom pilih untuk menyiapkan dana pendidikan/ Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyiapkan yang terbaik untuk buah hati.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading