Sukses

Lifestyle

5 Karakter Positif Anak Sulung yang Membuatnya Istimewa

ringkasan

  • Mandiri
  • Pekerja Keras
  • Selalu Memedulikan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang lahir sebagai anak sulung? Anak sulung pastinya memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Selain itu ada sejumlah karakter positif yang umumnya dimiliki oleh anak sulung.

Psikolog Dr. Seda Gragossian seperti yang dilansir dari bustle.com mengungkapkan bahwa anak sulung sering dikaitkan dengan karakter sebagai pemimpin dan punya kepribadian yang kuat. Walau tidak semua anak sulung punya kepribadian yang seragam, tapi ada beberapa karakter umum yang umumnya dimiliki anak sulung. Berikut sejumlah karakter positif yang umumnya dimiliki anak sulung. Coba cek apakah sekiranya cocok dengan kepribadianmu sebagai anak sulung.

1. Mandiri

Kryss Shane, BS, MS, MSW, LSW, LMSW memaparkan, "Tumbuh dengan satu adik atau lebih itu terkadang artinya perhatian orangtua kita teralihkan ke yang lainnya, sehingga anak sulung harus bisa menyenangkan atau menghibur dirinya sendiri." Anak sulung biasanya tak punya masalah melakukan segala sesuatunya sendiri dan mengandalkan dirinya sendiri. Sehingga tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri.

2. Pekerja Keras

Anak sulung umumnya tumbuh menjadi pribadi yang pekerja keras. Karena saat kecil sudah harus berbagi perhatian dengan adik, seorang anak sulung terdorong untuk bekerja lebih keras untuk mendapatkan perhatian orangtua. Selain itu, anak sulung juga punya kecenderungan ingin selalu membuat pencapaian atau prestasi baru.

 

3. Selalu Memedulikan Orang Lain

Anak sulung bisa sangat memedulikan dan memerhatikan orang lain. Ketika masih kecil, anak sulung mungkin terbiasa untuk dimintai bantuan oleh adiknya. Sehingga terlatih untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian pada orang lain yang membutuhkan perlindungan atau bantuan.

4. Lebih Pandai Menguasai Bahasa Kedua

Cukup mengejutkan mengetahui bahwa urutan lahir bisa memengaruhi kemampuan seseorang dalam menguasai bahasa kedua. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology menemukan bahwa di keluarga bilingual (berbicara dua bahasa), anak sulung menunjukkan kemampuan menguasi bahasa kedua dibandingkan adik-adiknya.

5. Tidak Gegabah

Anak sulung umumnya selalu mengikuti aturan. Tidak gegabah dalam mengambil risiko atau melakukan hal-hal yang dirasa membahayakan. Dibandingkan anak kedua atau anak bungsu yang berkarakter suka bertualang, anak sulung umumnya lebih mudah mengikuti aturan dan menyesuaikan diri sesuai aturan tersebut.

Anak sulung umumnya dikenal sebagai pribadi yang mandiri dan pekerja keras. Di samping itu, setiap anak sulung pun pasti memiliki kelebihannya masing-masing yang membuatnya unik dan istimewa dari individu lain. Kalau Sahabat Fimela sendiri bagaimana? Apakah sebagai anak sulung merasa memiliki karakter-karakter yang diungkapkan di atas?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendaki Gunung Hobimu, Begini Kepribadianmu Sahabat Fimela
Artikel Selanjutnya
Pantai Jadi Tempat Favorit, Begini Kepribadianmu Sahabat Fimela