Sukses

Lifestyle

Pemeriksaan Genotip Dapat Menentukan Asupan Nutrisi untuk Tubuh

ringkasan

  • Genotip menjadi salah satu pemerikasaan terbaru dalam dunia kesehatan
  • Pemerikasaan kesehatan berdasarkan aspek genetika tubuh seseorang atau DNA
  • Pemeriksaan genotip juga mampu menentukan asupan nutrisi yang harus didapatkan oleh tubuh setiap harinya

Fimela.com, Jakarta Perkembangan teknologi memang dapat meningkatkan kualitas hidup, begitu di bidang kedokteran. Genotip menjadi salah satu pemerikasaan terbaru dalam dunia kesehatan yang dapat dicoba.

Pemerikasaan kesehatan berdasarkan aspek genetika tubuh seseorang atau DNA ini bisa dilakukan di Klinik kesehatan Beauty Inc. Pemeriksaan genetik memiliki pengaruh yang luar biasa bagi kesehatan seseorang.

Setelah memerikasana diri, kita bisa mengetahui secara detail mengenai penanganan terhadap pasien secara personal. Karena pada dasarnya masing-masing orang memiliki keunikan pada sifat genetika yang dimiliki.

Dengan begitu, tidak sembarangan untuk menentukan jenis obat apa yang bisa dikonsumsi, dosisnya berapa, dan lainnya. Pemeriksaan ini dilakukan sekali seumur hidup, karena genetik itu tidak akan pernah berubah dari kita bayi hingga meninggal.

Dengan kata lain, peran penting pemeriksaan genotip ialah untuk mengetahui respons tubuh terkait obat-obatan. Pharmacogenomics merupakan sebuah penelitian untuk mengetahui respons obat pada tubuh seseorang. Melihat secara genetik apakah obat tersebut bereaksi dengan baik dalam kesehatan tubuh.

Cara pemeriksaan genotip

Tenaga ahli akan melakukan serangkaian treatment pemeriksaan genotip. Hal yang pertama dilakukan adalah pengambilan sel-sel di sekitaran mukosa pipi dengan menggunakan alat my DNA Medication yang menyerupai cotton bud. Caranya, my DNA akan ditempelkan di mukosa pipi dengan gerakan memutar, turun naik, layaknya menggosok gigi namun di bagian pipi, selama 15 kali pada pipi kanan dan pipi kiri. Hal ini dinilai cukup untuk mewakili DNA yang dimiliki seseorang. Masa pengerjaan tidak sampai 5 menit, lho.

"Terobosan terbaru asal Australia ini membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mengetahui hasilnya secara menyeluruh. Alat dan laboratorium langsung dari Australia, sehingga pasien bisa langsung mengecek di sebuah website mengenai kondisi tubuhnya saat ini," ungkap dr. Patricia S. Y. Wijaya selaku dokter Aesthetic di Beauty Inc, Kedoya, Jakarta Barat.

Alat yang menyerupai cotton bud yang terbuat dari kapas ini memiliki kandungan reagen di dalamnya. Reagen sendiri merupakan zat yang digunakan untuk mengetahui reaksi kimia. Reagen ini bertugas mengambil mukosa sel yang diperlukan, kemudian akan dikirimkan ke laboratorium untuk mengetahui hasilnya.

Screening care

Pemeriksaan genotip juga mampu menentukan asupan nutrisi yang harus didapatkan oleh tubuh setiap harinya. Jadi kita dapat mengetahui pola diet apa yang seharusnya dijalani. Karena pada dasarnya, masing-masing orang memiliki kebutuhan tersendiri yang tidak bisa disamakan dengan orang lain. Meliputi kebutuhan protein, lemak, kadar kolesterol berdasarkan genetika tubuh.

Selain itu, kita juga bisa mencari tahu seberapa banyak kafein yang bisa dikonsumsi. Melalui pemeriksaan genetik, kita bisa mengetahui mengapa saat minum kopi terasa pusing, tidak bisa tidur, atau tidak berefek apa pun. Begitu pula dengan asupan vitamin, jadi kita tidak sembarangan mengonsumsi vitamin.

Kita bisa mengetahui sebenarnya vitamin apa saja sih yang harus diprioritaskan oleh tubuh. Jadi, kita gak asal coba vitamin ini dan itu. Informasi dan spesifikasi yang jelas mampu memberikan manfaat yang lebih diperlukan.

 

#Growfear less with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kembali Masuk Sekolah, Jangan Abaikan Pentingnya Nutrisi dalam Bekal Anak