Sukses

Lifestyle

Selain Stres, Ini 4 Penyebab yang Sering Membuatmu Telat Haid

ringkasan

  • Olahraga yang Sangat Intens
  • Rutinitas yang Tidak Teratur
  • Dalam Proses Pemulihan

Fimela.com, Jakarta Bila selama ini kita punya siklus haid yang cukup teratur lalu tiba-tiba bulan ini telat, mungkin kita akan merasa gelisah. Apakah telat haid yang dialami ini normal? Atau malah ada hal lain yang lebih mengkhawatirkan?

Stres merupakan salah satu penyebab telat haid yang paling umum. Dilansir dari bustle.com, Ashley Wood, RN, BSN, seorang perawat dan kontributor Demystifying Your Health, LLC mengungkapkan bahwa hipotalamus kita mengatur bagian otak yang bertanggung jawab pada siklus haid kita. Ketika kita stres, hipotalamus akan terpengaruh dan menggangggu keseimbangan hormon kita yang membuat kita telat haid. Biasanya setelah stres reda, siklus haid kita bisa kembali normal.

Selain stres, ada beberapa hal dan faktor lain yang dapat menyebabkan telat haid. Seperti hal-hal berikut ini.

1. Olahraga yang Sangat Intens

Coba ingat lagi rutinitas olahragamu. Apakah beberapa waktu terakhir lebih intens? Olahraga yang sangat keras dan digabung dengan stres bisa membuat energi tubuh kita terkuras yang kemudian dapat mengganggu siklus haid kita. Perubahan pada hormon pituitari dan hormon tiroid akibat olahraga yang terlalu intens bisa membuat kita telat haid. Jadi, bila beberapa waktu terakhir kita sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk olahraga setiap harinya mungkin itu bisa jadi penyebab utamanya.

2. Rutinitas yang Tidak Teratur

"Perubahan pada jadwalmu bisa memengaruhi jam tubuhmu yang dapat memengaruhi banyak kadar hormon berbeda di tubuh kita," papar Wood. Misalnya, bila selama ini kerja pagi lalu berubah jadi kerja sif malam, perubahan jadwal ini bisa memengaruhi hormon kita dan menyebabkan siklus haid yang tidak teratur. Jadwal kerja atau rutinitas yang tidak teratur bisa menyebabkan siklus haid kita tidak normal.

 

3. Dalam Proses Pemulihan

Baru sembuh dari sakit, selama masa pemulihan bisa saja kita akan telat haid. Penyakit seperti pneumonia yang dapat menyebabkan defisiensi nutrisi pada tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini kemudian dapat membuat siklus haid tidak teratur atau telat. Ketika baru sembuh dari sebuah penyakit, bisa butuh beberapa bulan sampai akhirnya siklus haid kembali normal.

4. Melakukan Perjalanan (Traveling)

Sering melakukan perjalanan? Sibuk melancong? Melakukan perjalanan khususnya yang disertai dengan perbedaan zona waktu bisa membuat siklus haid terganggu. Mengalami jet lag juga bisa membuatmu telat haid.

Telat haid bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor di atas. Bila kita merasa ada yang tidak beres dengan siklus haid yang kita alami, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Penelitian, Ini Manfaat Minum Jahe saat Menstruasi!
Artikel Selanjutnya
Meredakan Nyeri Haid dengan Minum Air Kaldu, Pernah Coba?