Sukses

Lifestyle

Terlalu Sering Menyimpan Rahasia Bisa Berdampak Buruk pada Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Setiap orang punya rahasia. Masing-masing dari kita mungkin ingin menyembunyikan sejumlah hal untuk diri kita sendiri. Tapi tahukah kalau terlalu sering menyimpan rahasia, dampaknya pada tubuh bisa makin buruk?

Rahasia yang terlalu lama disimpan sendiri bisa berdampak pada kondisi fisik, mental, dan emosi kita. Dilansir dari bustle.com, konselor dan pemilik Renew Counseling, Jennifer McClendon menyebutkan bahwa menyimpan rahasia bisa menyebabkan sulit tidur, menurunnya daya konsentrasi, dan meningkatnya perasaan cemas dan gelisah. Menyimpan rahasia bisa benar-benar bikin kita stres.

Stres yang kita rasakan karena terlalu lama menyimpan rahasia atau terlalu banyak menyembunyikan rahasia juga bisa berpengaruh pada kondisi fisik kita. Kita bisa mengalami gangguan pernapasan dan jadi lebih gampang letih dalam rutinitas kita. Kalau tak ingin mengalami gangguan tersebut, sebaiknya jangan sampai terlalu lama atau terlalu banyak menyimpan rahasia.

Biasanya yang membuat kita memutuskan untuk menyimpan rahasia adalah tak berani menghadapi kenyataan yang akan terjadi bila rahasia itu terbongkar. Perasaan was-was tersebut bisa membuat kita tertekan dan membuat tubuh melepas hormon kortisol. Terlalu banyak kortisol yang dilepaskan tubuh, efeknya bisa menyebabkan depresi, libido yang menurun, dan nyeri punggung.

Semakin besar dan banyak rahasia yang dipendam sendiri, semakin tinggi risiko kondisi kesehatan tubuh dan pikiran ikut terganggu. Segala sesuatu yang berlebihan memang tak baik untuk tubuh, termasuk berlebihan dalam menyimpan rahasia seorang diri.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Terlalu Fokus pada Hal Negatif, Ini yang Terjadi pada Pikiranmu
Artikel Selanjutnya
Perempuan Butuh Teman Curhat untuk Redakan Stres, Kenapa?