Sukses

Lifestyle

Kebiasaan Kecil yang Ternyata Bisa Merusak Mata

ringkasan

  • Selain genetik, kualitas penglihatan mata juga bisa dipengaruhi faktor gaya hidup
  • Banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata mempengaruhi kesehatan mata
  • Hindari kebiasaan buruk yang membahayakan mata

Fimela.com, Jakarta Selain faktor genetik, kualitas penglihatan mata kita bisa terganggu karena beragam faktor di keseharian. Salah satunya yakni kebiasaan yang tidak sehat.

Mungkin tampak sepele dan tak disadari akan memberi dampak panjang, namun ada baiknya jika tidak melulu disepelekan. Sebab, kita tidak akan tahu pasti bahaya apa yang akan menghampiri mata kita karena kebiasaan tersebut.

Apa saja kebiasaan sehari-hari yang membahayakan mata? Simak berikut iniĀ 

1. Pakai kosmetik kedaluwarsa

Sekalipun ketika dipakai kamu tidak merasakan efek apa-apa, jangan pernah pakai kosmetik yang sudah kamu tahu kedaluwarsa terutama yang dipakai di area mata. Kandungannya bisa saja membahayakanmu dan memicu infeksi.

2. Terlalu lama menatap layar gadget

Layar komputer, ponsel, dan televisi mengeluarkan radiasi yang bisa membuat mata terasa kering. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menyebabkan pandangan kabur dan buram. Baiknya pakai kacamata khusus untuk melindungi matamu dari radiasi ini, meskipun matamu masih sehat dari rabun.

3. Lensa kontak tidak dirawat

Pemakaian lensa kontak kerap dipilih karena alasan praktis. Padahal, merawat lensa kontak itu cukup rumit. Selain harus dijaga kebersihannya, harus diperhatikan juga masa pakai dan kenyamanan lensa kontak tersebut di mata.

4. Mengucek mata

Ketika bangun tidur, saat mata gatal ataupun perih, mengucek mata adalah reflek yang dilakukan tangan. Sebisa mungkin janga lakukan lagi karena tindakan tersebut dapat memindahkan bakteri dari tangan ke mata, dan dapat menyebabkan infeksi.

Mulai sekarang, kurangi kebiasaan tersebut, yuk!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hati-hati Kekurangan Vitamin A dapat Menyebabkan Kebutaan
Artikel Selanjutnya
Manfaat Menggunakan Krim Mata Retinol