Sukses

Lifestyle

4 Tips Tidur Nyenyak saat Nyeri Haid Melanda

ringkasan

  • Kompres Perut dengan Botol Berisi Air Hanga
  • Perbanyak Asupan Zat Besi
  • Mandi Air Hangat

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami nyeri haid biasanya kita jadi susah tidur. Padahal saat sedang haid sangat penting mendapat tidur yang cukup dan berkualitas agar tubuh tetap bugar. Apalagi bila selama ini pola hidup kita kurang baik, biasanya berdampak pada nyeri haid yang menyiksa.

Agar bisa tidur dengan lebih nyaman saat nyeri haid melanda, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Tips-tips berikut ini merupakan tips yang paling dasar dan mudah untuk diikuti. Bila dilakukan dengan benar, kita bisa mendapat tidur yang lebih nyenyak.

1. Kompres Perut dengan Botol Berisi Air Hangat

Siapkan satu botol air dan isi dengan air hangat secukupnya. Gunakan botol berisi air hangat tersebut untuk mengompres perut atau area perut yang nyeri. Dilansir dari shesaid.com, ketika perut kita dikompres dengan air berisi air hangat, reseptor panas di area tersebut akan aktif dan mencegah tubuh merasakan nyeri yang sedang kita rasakan. Bahkan secara ilmiah, efeknya mirip dengan obat pereda nyeri. Sebelum tidur kita bisa menyiapkan sebotol air hangat untuk kemudian bisa kita kompres ke area perut senyaman mungkin saat akan tidur.

2. Perbanyak Asupan Zat Besi

Tubuh bisa kekurangan zat besi karena darah yang keluar dari tubuh. Banyak perempuan yang mengalami letargi dan keletihan saat haid. Perbanyak asupan zat besi yang bisa didapat dari konsumsi sayuran hijau, daging merah, atau suplemen zat besi. Dengan begitu energi tubuh bisa terjaga dengan baik serta bisa membantu kita memaksimalkan jam tidur yang kita miliki untuk istirahat.

3. Mandi Air Hangat

Sore hari atau ketika akan tidur malam, bisa coba mandi dengan air hangat. Air hangat akan membantu meredakan sakitnya nyeri haid dan membantu tubuh lebih rileks. Sehingga air hangat ini bisa sangat pas untuk membuat otot-oto rahim ikut rileks.

4. Posisi Kaki Ditinggikan

Kita bisa mengganjal kaki kita dengan guling atau bantal tambahan saat tidur. Tinggikan posisi kaki agar aliran darah bisa lebih lancar. Bila ingin merasa lebih nyaman, kita bisa menempelkan koyo di telapak kaki dan mengenakan kaos kaki untuk membuat kaki terasa lebih hangat.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu mendapatkan tidur yang cukup saat sedang nyeri haid. Optimalkan waktu istirahat agar tetap bugar saat sedang haid.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini Efek Samping Sering Minum Pereda Nyeri Haid
Artikel Selanjutnya
Muncul Bercak Cokelat Menjelang Haid, Apakah Bahaya?