Sukses

Lifestyle

Cara Termudah Menghilangkan Bau pada Rebung

Fimela.com, Jakarta Mengolah tunas bambu muda atau rebung kadang cukup menyulitkan karena baunya. Apalagi bila kita membeli rebung di pasar yang sudah lama direndam dalam air yang tak pernah diganti, bau langunya bisa sangat mengganggu. Untuk menghilangkan bau pada rebung, kita bisa menggunakan satu cara yang paling mudah.

Kita bisa menggunakan larutan air garam untuk menghilangkan bau pada rebung. Rebung yang sudah dicuci bersih, bisa kita potong tipis-tipis. Setelah itu siapkan satu baskom air yang sudah diberi air garam. Rendam rebung selama sekitar 20 menit. Kemudian, cuci rebung dengan air mengalir sampai bersih. Karena sudah direndam dengan air garam, dalam proses pengolahannya nanti kita perlu berhati-hati untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam. Caranya sangat mudah, bukan?

Selain direndam dengan air garam, kita juga bisa merebus rebung dengan bumbu rempah atau air kelapa untuk menghilangkan baunya. Jika bau tak kunjung hilang, pertimbangkan kembali jadi mengolahnya atau tidak. Sebab bila rebung sudah dalam kondisi buruk, nantinya hasil olahannya pun tak akan lezat.

Disarankan untuk memilih rebung yang masih muda. Salah satu ciri rebung yang masih muda dan segar adalah dagingnya yang masih terasa empuk dan belum terlihat serat-serat bambunya. Perhatikan bagian pangkalnya. Bila pangkalnya sudah menghijau, itu salah satu tanda rebung sudah terlalu tua.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Cara Menghilangkan Bau Jengkol yang Menyengat Sebelum Diolah
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Bau dan Rasa Kayu Pada Jamur Tiram