Sukses

Lifestyle

Perawatan untuk Penderita Hepatitis A, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

ringkasan

  • Istirahat Total
  • Perbanyak Minum Air Putih dan Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
  • Gunakan Pakaian Longgar dan Jaga Kebersihan Diri

Fimela.com, Jakarta Penyakit hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus tersebut disebarkan disebarkan oleh kotoran tinja dan biasanya melalui makanan. Dibandingkan penyakit hepatitis jenis lain, hepatitis A merupakan yang paling ringan.

Sanitasi yang buruk atau kesadaran masyarat tentang kebersihan yang renah bisa menjadi pemicu penyakit hepatitis A. Sebab virus hepatitis A sangat mudah menular, khususnya melalui air dan makanan yang terkontaminasi oleh tinja orang yang terifeksi virus ini. Bila seseorang terjangkit virus hepatitis A, perlu segera pergi ke dokter untuk mendapat perawatan dan penanganan yang tepat.

Untuk pengobatan hepatitis A tak ada yang terlalu spesifik. Seperti yang dikutip dari honestdocs.id, infeksi penyakit ini bisa sembuh dalam waktu 1-2 bulan. Dokter juga akan meresepkan obat yang bisa meredakan gejala-gejala yang dialami penderita. Obat yang diberikan umumnya meliputi obat pereda dema, mual, dan muntah. Untuk mengembalikan nafsu makan, penderita perlu diberi nutrisi yang cukup.

Istirahat Total

Dilansir dari alodokter.com, obat antivirus tak dibutuhkan sebab virus hepatitis A akan dibasmi oleh sistem imun (kekebalan tubuh) penderita itu sendiri. Untuk meredakan gejala penyakitnya, penderita harus istirahat otal. Jadi, perlu berhenti total dari berbagai macam rutinitas dan aktivitas selama proses penyembuhan.

 

Perbanyak Minum Air Putih dan Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Cairan tubuh harus dipenuhi. Perbanyak minum air putih dan penuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Meski nafsu makan menurun, penting untuk tetap makan agar tidak gampang merasa mual dan muntah. Hindari minuman beralkohol karena organ hati perlu beristirahat agar segera pulih.

Gunakan Pakaian Longgar dan Jaga Kebersihan Diri

Untuk mengurangi rasa gatal, gunakan pakaian longgar. Kebersihan diri juga perlu dijaga. Jangan berbagi handuk dan jangan mencampur pakaian dengan milik orang lain. Rutin mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun setiap harinya. Bila penderita dirawat di rumah selama proses pemulihan, penting bagi kerabat atau anggota keluarga yang lain untuk senantias menjaga kebersihan rumah.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri dan Obat Penurun Panas sesuai Resep Dokter

Obat yang dikonsumsi tak bolah sembarangan demi menjaga fungsi hati tetap optimal. Minumlah obat sesuai anjuran dan resep dokter. Biasanya penderita akan diberi obat pereda nyeri dan obat penurn panas. Obat mual juga bisa diberikan untuk mencegah muntah.

Seseorang yang pernah mengidap hepatitis A kecil kemungkinan akan mendapat penyakit ini di kemudian hari. Sebab penderita yang sudah sembuh dari hepatitis A akan mendapat kekebalan tubuh terhadap penyakit ini. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan setiap hari agar terhindar dari penyakit hepatitis A ini, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemenkes: Dugaan Sementara Air Jadi Media Penularan Hepatitis A di Pacitan
Artikel Selanjutnya
Hepatitis A Tidak Bisa Berkembang Menjadi Hepatitis B, Begini Penjelasannya