Sukses

Lifestyle

Chia Seed dan Biji Selasih, Apa Sih Perbedaannya?

Fimela.com, Jakarta Chia seed dan biji selasih merupakan kedua bahan makanan yang banyak dikonsumsi. Keduanya sama-sama termasuk ke dalam biji-bijian yang kaya manfaat dan khasiat buat kesehatan. Keduanya juga memiliki penampilan yang nyaris sama satu dengan lainnya.

Namun jangan salah Sahabat Fimela, meski keduanya sama-sama biji-bijian dengan penampilan yang nyaris sama, keduanya adalah bahan makanan yang berbeda. Melansir dari laman resepkoki.com, chia seed dan biji selasih berasal dari kedua tanaman yang berbeda.

Penasaran apa perbedaan chia seed dan biji selasih? Simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Chia Seed dan Biji Selasih

Chia seed umumnya diimpor dari luar negeri. Chia seed berasal dari tanaman mint bernama salvia hispanica yang banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Bahan makanan ini sering dikonsumsi sebagai nutrisi diet dan kesehatan. Para ahli percaya jika biji chia memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Biji chia juga melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Chia seed juga dikenal sebagai superfood yang kaya akan zat gizi seperti omega 3, serat dan protein.

Ketika direndam di dalam air, biji chia akan mengembang berkali-kali lipat sehingga mampu memberikan efek kenyang. Di beberapa negara, biji chia bahkan digunakan sebagai pengganti telur dalam kue karena bersifat gluten free. Untuk mengonsumsi biji chia, kita bisa langsung mengonsumsinya dengan menabur langsung di atas salad, es krim, smoothie bowl dan sejenisnya atau bisa direndam dulu seperti biji selasih.

Sedangkan biji selasih, ini merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman dengan nama ilmiah ocimun basilicum yang banyak tumbuh di India dan sekitar Mediterania. Biji selasih mengandung zat besi dan nutrisi lain yang sangat bagus buat kesehatan terutama untuk mencegah anemia. Untuk mengonsumsi biji selasih kita perlu merendamnya terlebih dengan air.

Sejauh ini, biji selasih banyak digunakan sebagai bahan tambahan untuk minuman seperti es teler, es krim, puding juga es buah.

Itulah perbedaan chia seed dan biji selasih. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading