Sukses

Lifestyle

Merebus Ulang Air Mineral, Apakah Berbahaya Buat Kesehatan?

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit dari kita yang setidaknya satu kali dalam hidup pernah merebus kembali air mineral. Tapi, akhir-akhir ini banyak pertanyaan muncul mengenai merebus air mineral. Apakah air mineral yang direbus kembali akan menjadi air yang berbahaya atau tetap aman untuk dikonsumsi.

Banyak mitos yang beredar menyebutkan bahwa merebus air pada suhu tertentu bisa menghilangkan kuman. Tapi tidak sedikit mitos yang menyebutkan jika merebus air justru mampu meningkatkan kadar zat beracun dalam air seperti nitrat, arsenin dan fluorida. Benarkah demikian?

Melansir dari laman doktersehat.com, menurut Agus Haryono yang merupakan Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, merebus air matang juga air mineral kemungkinan bisa memicu terjadinya reaksi kimia tertentu. Namun kemungkinan itu hanya kecil mengingat pada air putih yang direbus tak akan memunculkan zat lain di dalamnya selama perebusan. Perebusan ini juga tergantung pada suhu yang digunakan.

Merebus Air Matang, Bolehkah?

Melansir dari laman sehataqua.co.id, beberapa pakar menyebutkan jika merebus air mineral dalam kemasan tidak memberikan manfaat khusus. Air mineral dalam kemasan telah melalui beberapa proses sehingga aman untuk dikonsumsi langsung tanpa direbus kembali. Air mineral yang dijual di pasaran juga telah memenuhi standar aman secara nasional.

Merebus air mineral pada dasarnya tidak memiliki bahaya bagi kesehatan. Ketika produsen air mineral ini adalah perusahaan yang telah terpercaya, kualitas air kemungkinan besar sudah sangat baik sehingga tidak disarankan untuk dilakukan perebusan ulang.

Perebusan ulang air mineral dengan suhu tinggi dengan tujuan menghilangkan kuman di dalamnya, ini justru dikhawatirkan mampu memicu munculnya zat berbahaya di dalamnya. Kalau pun ingin merebus ulang air, usahakan agar merebusnya hingga hangat tidak sampai mendidih apalagi memunculkan buih yang sangat banyak atau hingga air bergejolak oleh panas.

Kalau pun ingin merebus ulang air, sebaiknya kita cukup menghangatkannya dan tidak mendidihkan apalagi yang bertujuan menghilangkan kuman di dalamnya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading