Sukses

Lifestyle

Ini 8 Gejala Serangan Jantung Sebulan Sebelum Terjadi!

Fimela.com, Jakarta Setiap orang punya risiko mengalami serangan jantung, baik laki-laki maupun perempuan. Semua tegantung dari kondisi kesehatan tubuh maisng-masing. Terkadang serangan jantung tampak seakan terjadi tiba-tiba.

Padahal, untuk kasus serangan jantung pada perempuan, gejala-gejalanya dapat dirasakan bahkan selama sebulan belakangan. Ini sekian tanda gejala seranagn jantung sebulan sebelum terjadi, seperti dilansir dari WebMD.

1. Nyeri dada

Ini tanda paling umum dan jelas dirasakan sebelum serangan jantung. Karena pembuluh arteri mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan rasa nyeri, tertekan atau sakit di dada. Sayangnya, hanya sebanyak 30% perempuan yang mengalami hal ini.

2. Mudah berkeringat

Ingat-ingat kapan kamu terakhir kali berkringat deras. Mengapa akhir-akhir ini jadi sering berkeringat deras padahal tidak melakukan banyak aktivitas fisik. Keringat dingin sering dialami perempuan sebelum serangan jantung.

3. Detak jantung tak teratur

Raskan denyut jantungmu, apakah terasa aneh, apakah lebih cepat dari biasanya, bahkan dalam keadaan istirahat atau duduk tenang. Kondisi ini bisa disebut dengan aritmia, dan berlangsung selama 1-2 menit. Jika berlanjut, tubuh akan merasa kelelahan.

4. Rambut rontok

Tak banyak yang tahu bahwa rambut rontok juga bisa jadi tanda serangan jantung pada perempuan. Jika bukan karena salah sampo atau stres, sebaiknya jangan abaikan gejala rambut rontok.

Gejala Serangan Jantung

 

5. Napas pendek-pendek

Napas pendek-dendek dipicu oleh aliran darah yang tidak lancar sehingga sulit mendapatkan asupan oksigen dan darah yang cukup. Jangan abaikan jika ini berlangsung lama.

6. Insomnia

Insomnia sering dialami banyak orang, namun jika insomnia semakin parah dlam sbeulan ini diikuti detak jantung tak teratur, lebih baik periksakan diri.

7. Sakit perut

Sakit perut bisa dianggap sepele karena hanya masalah pencernaan. Namun rasa sakit perut, merasa mual atau muntah hingga bermasalah saat buang air besar sebaiknya tidak diabaikan. Ini terjadi akibat buruknya aliran oksigen di dalam darah.

8. Kelelahan

Tubuh kelelahan bahkan jika tidak banyak mengalami aktivitas fisik, bisa jadi tanda serangan jantung yang akan datang. Bahkan terkadang hanya melakukan kegaitan sederhana sudah membuatmu kelelahan.

Jika sekian gejala ini dirasakan, jangan diabaikan dan segera periksakan ke dokater ya Sahabat Fimela. Akan lebih baik waspada serangan jantung sejak dini, daripada terlambat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim