Sukses

Lifestyle

Gejala dan Penangan Hepatitis A pada Anak

ringkasan

  • Hepatitis A bisa terjadi pada anak
  • vaksinasi Hepatitis A dapat diberikan sejak usia 2 tahun

Fimela.com, Jakarta Hepatitis A adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini pun bisa menyerang segala usia, termasuk anak-anak.

Dilansir dari Ikatana Dokter Anak Indonesia, secara global didapatkan sekitar 1,4 juta kasus baru infeksi hepatitis A pertahunnya. Menurut CDC, Hepatitis A justru lebih sering mengenai anak-anak, terutama yang tinggal di area dengan sanitasi rendah.

Gejala yang dapat timbul meliouti demam yang tidak tinggi, mual, muntah, nafsu makan berkurang, dan nyeri perut. Sedangkan pada anak, dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, menyampaikan gejalanya pun sama seperti orang dewasa.

Ia menyampaikan, beberapa hari setelah munculnya gejala-gejala tersebut, anak bisa tampak kuning, disertai air seni berwarna gelap dan tinja berwarna pucat.

“Pada anak yang lebih besar biasanya dapat mengungkapkan rasa nyeri di perut sebelah kanan atas,” ujarnya saat dihubungi redaksi Fimela.com, Selasa (2/7).

Anak-anak tetap dapat menularkan infeksi virus ini pada orang lain di sekitarnya.

Vaksin

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A menyampaikan vaksinasi Hepatitis A dapat diberikan sejak usia 2 tahun. Apabila terlambat, maka vaksin dapat segera disusulkan.

“Tidak ada batas usia maksimal untuk pemberian vaksin ini,” paparnya.

Mengapa pada anak di bawah 6 tahun infeksi Hepatitis A ini tidak bergejala?

Melansir Ikatan Dokter Anak Indonesia, gejala yang timbul setelah adanya infeksi virus Hepatitis A sebenarnya bukanlah akibat langsung dari virus tsb melainkan akibat respons imun tubuh anak untuk mengeluarkan virus pada sel hati. Munculnya gejala penyakit ini merupakan pertanda respons imun tubuh seseorang sudah bekerja dengan baik. Pada anak di bawah 6 tahun, respons imun tubuhnya belum begitu sempurna sehingga gejala dari penyakit Hepatitis A ini seringkali tak terlihat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan mulai dari kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus Hepatitis A sampai anak menunjukkan gejala?

Waktu yang dibutuhkan berkisar antara 15-50 hari untuk terinfeksi, namun pada umumnya kurang lebih 28 hari.

Bagaimana mengetahui anak telah terinfeksi virus Hepatitis A?

Di samping gejala yang bisa jadi tidak muncul, diagnosis Hepatitis A dapat ditegakkan lewat pemeriksaan IgM anti HAV lewat darah.

Waktu yang tepat membawa anak kerumah sakit, apalabila muncul tanda-tanda, Tampak sakit berat, muntah terus-menerus, tidak bisa makan atau minum sama sekali, kejang, dan penurunan kesadaran.

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemenkes: Dugaan Sementara Air Jadi Media Penularan Hepatitis A di Pacitan
Artikel Selanjutnya
Hepatitis A Tidak Bisa Berkembang Menjadi Hepatitis B, Begini Penjelasannya