Sukses

Lifestyle

Tergesa-gesa Menelan Makanan, Ini Dampak Negatifnya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kita menyadari bahwa cara kita mengunyah makanan bisa memengaruhi kondisi tubuh kita? Mengunyah makanan sebaiknya memang dilakukan perlahan. Saat makan kita perlu dalam keadaan tenang dan rileks. Tidak terburu-buru atau tergesa-gesa menelan makanan.

Tergesa-gesa mengunyah dan menelan makanan bisa menghambat kemampuan tubuh untuk mencerna dengan baik. Dilansir dari bustle.com, makan terlalu cepat dan memenuhi perut dengan banyak makanan dalam waktu sekejap bsia membuat perut sakit. Perut bisa kembung bila kita tergesa-gesa saat makan.

"Bayangkan perut seperti otot. Kita tidak bisa yang tadinya tidak pernah olahraga sama sekali langsung mampu lari maraton dalam sekejap," ujar Susie Lemmer seorang blogger dan pelatih lari. Sebaiknya saat makan, nikmati setiap kunyahan perlahan baru telan saat makanan dalam mulut sudah benar-benar lumat.

Dengan mengunyah makanan perlahan, kita juga bisa mengenali batas kenyang kita. Khususnya bila kita sedang ingin menjaga berat badan dan tak ingin bobot badan naik karena pola makan yang buruk, maka setiap kali makan benar-benar harus mengendalikan diri untuk tidak terburu-buru. Makan tergesa-gesa hanya akan menyebabkan gangguan pencernaan dan perut kembung.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Inhalasi Hidrogen, Cara Tepat Menjaga Kesehatan Akibat Polusi Udara
Artikel Selanjutnya
Layanan Kesehatan Digital Revolusioner di Indonesia