Sukses

Lifestyle

5 Cara Mencegah Minyak Meletup-letup Saat Menggoreng

Fimela.com, Jakarta Aneka masakan yang dimasak dengan cara digoreng memang selalu memiliki tempat tersendiri di hati kita semua. Masakan yang dimasak dengan cara digoreng umumnya memiliki cita rasa yang super menggugah selera. Masakan yang digoreng baik itu ikan, daging, telur atau ayam akan terasa makin menggoda.

Bicara mengenai masakan yang digoreng, siapa nih di sini yang suka maju mundur ketika menggoreng makanan karena takut minyak meletup-letup? Bahan makanan seperti daging, ikan dan telur akan sangat rentan membuat minyak meletup.

Memasak sebenarnya adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Kita tak perlu takut jika memasak akan melukai kita apalagi ketika memasak dengan cara menggoreng. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah minyak meletup-letup saat menggoreng. Berikut caranya.

Gunakan Minyak Baru

Gunakan Minyak Baru

Usahakan untuk menggunakan minyak baru setiap kali menggoreng. Minyak yang sudah terpakai sebelumnya apalagi berulang kali, akan rentan tercemar air, bumbu dan bahan makanan lain yang membuatnya rentan meletup saat dipanaskan kembali.

Gunakan Wajan Baru, Bersih dan Kering

Wajan yang kotor dan masih ada airnya sangat memungkinkan membuat minyak goreng meletup-letup. Untuk itu, gunakan wajan baru yang bersih dan kering setiap kali hendak menggoreng. Wajan yang sebelumnya digunakan menggoreng bahan lain dan masih ada sisinya di dalamnya, ini juga meningkatkan risiko minyak goreng di wajan meletup.

Perhatikan Suhu Api

Sebaiknya api yang digunakan untuk menggoreng makanan tidak terlalu panas. Api yang terlalu panas akan membuat minyak rentan meletup saat dimasukkan bahan makanan di dalamnya. Suhu api yang terlalu panas juga akan membuat makanan cepat gosong di bagian luar sementara masih mentah di bagian dalam.

Taburi Minyak dengan Tepung Kering

Taburi Minyak dengan Garam

Beberapa pendapat menyebutkan jika menaburi minyak dengan garam bisa mengurangi risiko minyak meletup saat menggoreng. Coba juga cara ini di rumah ya.

Taburi Minyak dengan Tepung Kering

Selain menaburi minyak dengan garam, menaburi minyak dengan tepung kering juga akan membantu kita mencegah minyak meletup selama kita menggoreng masakan. Kalau pun tidak ingin menaburkan tepung ke dalam minyak, kita bisa menggulingkan bahan makanan yang hendak digoreng ke dalam tepung sebelum memasukkannya ke wajan penggorengan.

Tutup Wajan

Menutup wajan akan menurunkan risiko minyak meletup selama aktivitas menggoreng. Kalau pun minyak memang meletup, dengan menutup wajan letupan itu tak akan sampai pada tubuh kita dan melukai tubuh kita.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah minyak meletup-letup saat menggoreng. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Loading