Sukses

Lifestyle

Rempah Hingga Daun, Ini Daftar Bumbu Dapur yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Memasak merupakan aktivitas yang menyenangkan. Memasak juga menjadi aktivitas yang bisa dibilang gampang-gampang susah.

Bagi mereka yang sudah mengenal dengan baik aneka bumbu dapur beserta fungsinya, akan sangat mudah baginya memasak masakan yang lezat. Tapi, bagi mereka yang kurang paham mengenai bumbu dapur, ia akan cukup kesulitan membuat masakan yang lezat.

Buatmu yang belum begitu mengenal aneka bumbu dapur, kali ini Fimela punya daftar bumbu dapur mulai dari jenis bawang-bawangan, rempah, rimpang hingga daun. Penasaran apa saja bumbu dapur tersebut? Simak yang berikut ini.

Aneka Bumbu Dapur

Bawang

Bumbu dapur pertama ada bawang. Ada beberapa jenis bawang yang umum digunakan untuk bumbu dapur. Bawang tersebut mulai dari bawang putih, bawang merah dan bawang bombay.

Rempah

Bumbu dapur selanjutnya ada rempah. Rempah ini biasanya untuk memasak masakan dengan cita rasa khas bersifat tradisional. Adapun rempah yang bisa dimanfaatkan untuk bumbu dapur antara lain adalah merica, ketumbar, kemiri, kayu manis, cengkeh, pala, kluwek, batang serai, cengkeh dan masih banyak lagi.

Rimpang

Rimpang sendiri ada berbagai macam. Macam-macam rimpang juga memiliki fungsi masing-masing. Beberapa rimpang bermanfaat untuk pewarna makanan dan beberapa lainnya bermanfaat sebagai aroma penyedap atau penetral aroma manis dari bahan makanan yang dimasak. Adapun rimpang untuk bumbu dapur ada kunyit, jahe, lengkuas, kencur dan kunci.

Aneka Bumbu Dapur

Daun

Bumbu dapur selanjutnya ada daun. Ada beberapa daun yang umum digunakan sebagai bumbu dapur khas masyarakat Indonesia. Daun tersebut mulai dari daun jeruk, daun salam, daun seledri dan daun bawang.

Cabai

Cabai pun ada bermacam-macam Sahabat Fimela. Ada cabai rawit, cabai merah besar, cabai kering, cabai hijau besar, cabai rawit hijau dan sejenisnya.

Bumbu Penyedap

Saat memasak jangan lupa untuk menambahkan bumbu penyedap atau pemberi rasa. Ada beberapa bumbu dapur yang bermanfaat sebagai bumbu penyedap. Bumbu tersebut antara lain garam, gula, terasi, jeruk nipis, jeruk purut, belimbing wuluh, kecap manis, kecap asin, saus tiram, kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu jamur dan sejenisnya.

Itulah beberapa bumbu dapur dasar yang wajib kita diketahui. Sebaiknya, bumbu dapur ini selalu tersedia di rumah agar kita bisa dengan mudah membuat aneka masakan yang lezat serta menggugah selera.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dan Resep Olahan Ikan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit