Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Lifestyle

Mencuci dan Menggunakan Kembali Kondom Bekas, Apakah Aman?

Fimela.com, Jakarta Memakai kondom saat berhubungan intim bisa membantu kedua pasangan untuk mencegah kehamilan. Pemakaian kondom juga bisa mencegah risiko penularan penyakit menular seksual.

Mengenai kondom, alat kontrasepsi ini bukan merupakan alat kontrasepsi yang bisa digunakan berulang kali ya Sahabat Fimela. Sebaiknya, kondom digunakan hanya sekali. Meski kelihatannya masih bagus dan bersih, para ahli kesehatan sangat menyarankan agar kondom tersebut tidak digunakan ulang.

Melansir dari laman elitedaily.com, kondom yang sudah dicuci bersih bahkan dikeringkan kembali tidak layak untuk digunakan kembali.

Bahaya Menggunakan Kondom Bekas

Mencuci dan membersihkan kondom dikatakan sebagai tindakan sia-sia. Sabun dan air tidak akan pernah bekerja melindungi kondom dari sisa bakteri, virus dan infeksi penyakit menular. Kondom yang sudah digunakan juga sangat mungkin mengalami kebocoran atau kerusakan. Menggunakan kondom bekas meski itu sudah dicuci ulang, sangat berbahaya bagi kedua pasangan.

Alyssa Dweck, seorang dokter kebidanan dan kandungan, lewat buzzfeed news mengatakan, "Kondom merupakan produk yang harus digunakan sesuai petunjuk. Kita tidak menggunakan kondom secara berulang kali."

Sedangkan Dr. Elizabeth Torrone, seorang ahli epidemiologi di Centers for Diases Control and Prevention menjelaskan, "Penggunaan yang tidak benar, mengurangi efek perlindungan kondom. Kondom yang digunakan berulang kali bisa menyebabkan risiko selip, bocor dan bahaya buat kedua pasangan."

Sebaiknya kondom tidak pernah digunakan ulang. Para ahli bahkan menyarankan jika dirimu ingin berhubungan intim sebanyak dua kali atau lebih dengan pasangan dan menggunakan kondom, dirimu harus mengganti kondom di setiap sesinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading