Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Buah sebagai Menu Sarapan, Sudah Tahu?

ringkasan

  • Buah mengandung unsur potensial pembersih sisa-sisa makanan dari usus besar.
  • Buah menghemat energi karena tidak memerlukan proses pencernaan panjang.
  • Buah memasok energi lebih cepat, karena zat gulanya bisa langsung diserap tubuh.

Fimela.com, Jakarta Sudah sarapan apa pagi ini? Masing-masing dari kita mungkin punya menu sarapan favorit sendiri. Disarankan memang untuk memilih menu sehat untuk sarapan. Seperti menu buah segar.

Sarapan dengan buah segar ternyata bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh. Dikutip dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, ada empat manfaat buah sebagai menu sarapan, antara lain:

1. Buah mengandung unsur potensial pembersih sisa-sisa makanan dari usus besar.

Kandungan serat dan air pada buah juga berfungsi membersihkan kotoran dari dalam usus besar. Kebersihan usus besar merupakan faktor penting yang menunjang kesehatan, termasuk menjaga berat badan ideal. Wah, manfaaatnya sangat besar ya. Mulai sekarang bisa langsung coba untuk membiasarakan sarapan dengan buah.

2. Buah menghemat energi karena tidak memerlukan proses pencernaan panjang.

Semakin tinggi kandungan airnya, semakin cepat buah meninggalkan lambung. Sangat disarankan mengonsumsi buah sedikit demi sedikit. Bukan dikonsumsi sekaligus banyak. Kunyah perlahan-lahan sampai terasa pas mengisi perut. Tak perlu sampai terlalu kenyang. Beri ruang supaya lambung dapat bekerja dengan lebih leluasa.

3. Buah memasok energi lebih cepat, karena zat gulanya bisa langsung diserap tubuh.

Mengonsumsi buah bisa memberi energi yang cukup untuk mengawali hari kita. Buah memiliki kandungan tinggi elemen gas karbon yang diperlukan setiap manusia. Karbon berfungsi sebagai tungku pembakaran sisa-sisa yang berasal dari sistem pencernaan, aliran darah, organ bagian dalam, jaringan kulit sampai seluruh sel tubuh. Karena siklus pembuangan alamiah tubuh manusia lebih intensif pada pagi hari, buah merupakan makanan serasi untuk menu sarapan pagi.

4. Buah memberi cukup energi sampai saatnya makan siang.

Asalkan dikonsumsi perlahan dan sedikit demi sedikit, mengonsumsi buah untuk sarapan bisa membuat kita tidak lekas lapar sampai 2 jam. Tidak disarankan melahap buah sekaligus karena bisa menyebabkan sakit kepala dan rasa mual akibat tekanan gula darah yang melonjak secara mendadak.

Bagi yang ingin mencoba untuk membangun pola makan sehat, bisa dicoba dengan sarapan menggunakan buah. Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kondisi tubuh, ya. Semoga info ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Tips Cegah Flu Setiap Hari yang Disarankan Setiap Dokter
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong di Pagi Hari, Sudah Tahu?