Sukses

Lifestyle

Bila Pencernaanmu Cenderung Sensitif, Hindari Kombinasi Makanan Ini

Fimela.com, Jakarta Punya pencernaan yang cenderung sensitif? Sering mengalami sakit perut setelah mengonsumsi makanan tertentu? Banyak faktor yang menyebabkan pencernaan sensitif, seperti kelainan genetik dan peradangan pada saluran pencernaan.

Bila kita merasa memiliki pencernaan yang sensitif, kita harus sangat berhati-hati dengan kombinasi makanan yang kita konsumsi. Seperti yang dikutip dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, kombinasi seringan apapun, jika tidak serasi, sudah menimbulkan masalah yang mungkin pada orang lain tidak terlalu mengganggu. Setidaknya ada tiga kombinasi makanan yang perlu dihindari bagi yang memiliki pencernaan sensitif agar tidak sering mengalami masalah pada perut.

1. Buah Dimakan Bersamaan dengan Sayur

Boleh makan buah dan sayur tapi sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan. Bagi yang pencernaannya sensitif, mengonsumsi buah bersamaan dengan sayur bisa menyebabkan masalah pada perut. Selada yang terdiri dari campuran buah dan sayur sebaiknya dihindari. Jus buah yang dicampur dengan sayur seperti jus wortel dan apel juga sebaiknya dihindari. 

2. Polong-polongan

Konsumsi polong-polongan seperti kedelai, kacang hijau, dan kacang merah (jangan mengonsumsi kacang merah yang sudah mulai berkecambah) sebaiknya dibatasi bagi yang memiliki pencernaan sensitif. Polong-polongan ini mengandung kadar protein dan pati yang hampir setara. Agar tidak menimbulkan perut kembung, polong-polongan bisa diolah dengan direndam dahulu semalaman. 

3. Susu Sapi dengan Buah atau Sayuran

Sebagai informasi, pencernaan susu sapi sendiri sudah sangat rumit untuk pencernaan manusia. Bagi yang memiliki pencernaan positif, proses pencernaannya akan makin sulit lagi. Hindari mengonsumsi susu sapi dengan buah atau sayuran. Menu seperti sup krim sayuran, susu kocok campur buah (milkshake), dan sayur lodeh yang menggunakan susu sapi sebaiknya dihindari.

Bila kita sering merasakan perut kembung atau perut perih setelah makan, bisa jadi penyebabnya adalah kombinasi makanan yang salah. Semoga info ini bisa jadi referensimu untuk lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan yang lebih sehat untuk sistem pencernaanmu yang sensitif.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading