Sukses

Lifestyle

Suka Meluangkan Waktu Menikmati Kesendirian, Ini 5 Kelebihanmu

ringkasan

  • Memiliki Kebahagiaan yang Sumbernya dari Dalam Diri
  • Punya Potensi untuk Terus Berkembang
  • Pribadi yang Cerdas

Fimela.com, Jakarta Menyendiri atau menikmati kesendirian tidak selalu berarti kesepian. Di tengah kesibukan dan rutinitas yang makin padat, ada kalanya kita butuh waktu untuk menyendiri. Meluangkan waktu menikmati kesendirian bahkan bisa sangat membantu kita meredakan stres.

Ada beberapa kelebihan yang sebenarnya kita miliki dengan meluangkan waktu menikmati kesendirian. Tak perlu merasa takut atau canggung lagi untuk lebih terbuka lagi saat kita bilang pada orang lain bahwa kita butuh waktu menyendiri pada saat-saat tertentu. Menyendiri bukan berarti meratapi kesepian.

1. Memiliki Kebahagiaan yang Sumbernya dari Dalam Diri

Seperti yang dilansir dari lifehack.org, Katana Haley menyebutkan bahwa terkadang sulit bagi orang lain untuk memahami bahwa kita menganggap perhatian itu berbeda dari pengakuan. Kita tak perlu mengharuskan semua orang memahami apa yang kita rasakan. Kita tak perlu selalu bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia. Kita bisa mencari sumber kebahagiaan dari dalam diri kita sendiri. Menyendiri dan melakukan hal-hal yang kita sukai menjadi cara istimwa kita untuk menumbuhkan rasa bahagia yang baru.

2. Punya Potensi untuk Terus Berkembang

Kita sudah bisa membuat dan membangun prioritas kita sendiri. Saat kita meluangkan waktu menikmati kesendirian biasanya itu kita lakukan untuk mengoptimalkan energi kita melakukan sesuatu yang memang kita butuhkan. Kita melakukan hal-hal yang memang kita butuhkan tanpa harus membuang energi untuk hal lain yang sedang tidak benar-benar kita inginkan.

 

3. Pribadi yang Cerdas

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang cerdas cenderung menghabiskan waktu lebih sedikit untuk bersosialisai karena mereka sibuk bekerja untuk mencapai tujuan jangka panjang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 15.000 orang berusia 18-28 tahun menyimpulkan bahwa orang-orang yang tinggal di area dengan lebih sedikit orang merasa lebih puas deng kehidupannya daripada yang tinggal di populasi yang padat. Penelitian itu juga menunjukkan bahwa orang-orang yang cerdas malah cenderung kurang senang menghabiskan waktu dengan teman-temannya. Peneliti Carol Graham membuat kesimpulan bahwa orang-orang cerdas lebih antusias pada target-target yang berkaitan dengan intelektualitas.

4. Tidak Mudah Stres

Ketika merasa stres, maka tinggal cari waktu untuk menyendiri. Meluangkan waktu sejenak untuk melepas diri dari hiruk pikuk kesibukan dan orang-orang di sekitar kita bisa sangat membantu kita meredakan stres yang kita rasakan. Kita paham betul cara mengelola stres kita sehingga tidak mudah panik saat mulai merasakan gejala-gejala stres.

5. Mampu Menjalin Hubungan yang Lebih Baik dengan Orang Lain

Saat sendiri seringkali kita belajar untuk mengenali diri kita lebih dalam. Dari sini kita akan sangat terbantu untuk membantu memahami orang lain dengan lebih baik lagi. Kita bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain dalam jangka waktu yang lama. Sering meluangkan waktu menyendiri bukan berarti kita akan selamanya tenggelam dalam kesendirian. Justru dari sini kita bisa mendapatkan energi yang lebih banyak untuk kembali berinteraksi dan membangun hubungan yang lebih berarti dengan orang-orang terdekat kita.

Kita beruntung karena masih memiliki kemampuan dapat menikmati waktu untuk menyendiri. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari hal tersebut. Bahkan bisa membuat kita jadi pribadi yang lebih baik dengan mengoptimalkan aspeka-aspek positifnya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sesekali Mementingkan Diri Sendiri Itu Perlu, Ini 4 Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Merayakan Kemerdekaan dengan Berhenti Meremehkan Pilihan Orang Lain